Timnas U-19 TC di Spanyol, Bagaimana Nasib Elkan Baggott dan Witan?

Elkan Baggott jalani debut di Timnas Indonesia U-19
Sumber :
  • PSSI

VIVA – PSSI mengklaim telah mendapatkan lokasi pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Setelah menimba ilmu di Kroasia, David Maulana cs direncakan akan kembali ditempa di negara Eropa yakni Spanyol.

Timnas Indonesia Gilas Yordania, Coach Justin Puji STY: Sekarang Gak Long Ball Lagi

PSSI belum dapat memastikan kapan pastinya, Timnas U-19 bakal bertolak ke Spanyol. Saat ini, para pemain dan oficial tim sedang menunggu proses penyelesaian dokumen.

Selain tak dapat memastikan waktu pasti keberangkatan, PSSI juga kesulitan untuk memastikan apakah latihan di Spanyol nanti bakal diikuti oleh sejumlah pemain yang berkarier di luar negeri.

Jurnalis AS Puji Gol Indah Witan Sulaeman ke Gawang Yordania: Proses Gol Cuma 15 Detik

Photo :
  • pssi.org

Setidaknya ada tiga pemain Timnas U-19 yang saat ini mengadu nasib di luar negeri. Mereka adalah Elkan Baggott yang memperkuat Ipswich Town, Witan Sulaeman di Radnik Surdulica, dan Brylian Aldama yang baru saja direkrut HNK Rijeka.

Sorot Gol Indah Witan Sulaeman ke Gawang Yordania, AFC: Masterclass!

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan, pihaknya saat ini terus berkomunikasi dengan ketiga klub tersebut. Namun masalahnya adalah, TC yang digelar tidak dilaksanakan sesuai FIFA Matchday, sehingga kecil kemungkinan klub akan melepas pemain.

"Memang agak sulit kami mengundang mereka karena mereka dalam kompetisi. Dalam aturan FIFA juga sudah jelas, tinggal melihat bagaimana kami berkomunikasi dengan klub mereka," kata Yunus kepada wartawan.

"Lalu, apakah mereka bisa kami panggil dan berapa hari mereka bisa datang ke Spanyol. Saat ini juga lagi proses komunikasi dengan klub-klub mereka," sambungnya.

Yunus menjelaskan, PSSI tidak masalah jika nantinya para pemain tersebut tidak dapat bergabung, Sebab, PSSI mendukung kemajuan karier para pemain di Eropa.

"Kami tinggal bangun komunikasi dengan klub. Mudah-mudahan klub juga memahami karena kita sedang persiapan ke Piala Dunia 2021," ujarnya.

Photo :
  • The Sun

"Kami bersyukur anak-anak diminati klub-klub Eropa. Itu bagian penting dari pengalaman mereka di sana, itu jadi pengalaman penting untuk persiapan mereka ke Piala Dunia U-20," tegasnya.

Di sisi lain, TC Timnas U-19 ini sebagai persiapan menghadapi ajang Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya