Pesan Anies Baswedan saat Resmikan Lapangan Latih Stadion JIS

Jakarta International Stadium (JIS)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Lapangan Latih Stadion Jakarta International Stadium (JIS) secara virtual di Jakarta, Senin, 28 Desember 2020.  Rencananya, JIS ini bakal menjadi markas Persija Jakarta.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Dia menekankan bahwa Lapangan Latih ini merupakan salah satu milestone (tonggak sejarah) dalam proses penyelesaian JIS, yang diharapkan dapat selesai sesuai jadwal, target kualitas, dan perencanaan biayanya.    

 "Alhamdulillah kita bukan saja bersyukur bahwa ini tuntas, tapi kita juga bangga karena Jakarta lewat stadion latih ini sudah mulai menunjukkan bahwa kita bisa menghadirkan kualitas global di Ibu kota dan insya Allah kita akan bisa merawatnya, dan insya Allah ini akan menjadi tempat rujukan percontohan bagi semua," kata Anies.    

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

Dia menjelaskan permainan sepak bola bukan sekadar olah raga, tapi juga sebagai alat pemersatu. Karena itu, dia menyebut kehadiran JIS bukan saja memfasilitasi kegiatan olah raga, tapi juga memfasilitasi bertemunya semua unsur yang ada di Ibu Kota, Jabodetabek, bahkan tingkat nasional, regional dan internasional.

"Sepak bola mempersatukan. Stadion ini menjadi wahananya. Dan stadionnya hadir dengan kelas global. Lapangan latihnya yang hari ini diresmikan merupakan appetizer. Kalau kita makan itu ada appetizer-nya (hidangan pembuka), nanti main course-nya (hidangan utama) akan disiapkan saat stadion selesai. Tapi appetizer-nya sudah menggambarkan kualitas stadion nanti," ujarnya. 

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

Anies juga menekankan bahwa selain pembangunan, perawatan merupakan salah satu hal penting yang perlu dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Gubernur Anies berharap seluruh pihak nantinya dapat menjaga dan merawat JIS dengan baik dengan tata kelola yang disiplin sehingga kualitasnya tidak menurun meskipun digunakan bertahun-tahun. 

Baca juga: Puji Gubernur Anies, Bos Persija Merinding Lihat Stadion JIS

Tentunya, ia berharap lapangan latih JIS nantinya benar-benar menjadi tempat untuk berlatih yang membuat para pemainnya terbiasa dengan lapangan berkualitas internasional.  

Photo :
  • Istimewa

"Amanah dari warga Jakarta dititipkan kepada Gubernur DKI Jakarta melalui proses demokrasi, aspirasinya adalah Jakarta punya stadion berkualitas internasional. Aspirasi itu siap dilaksanakan," katanya. 

Dalam pelaksanaannya ditugaskan kepada Jakpro untuk merealisasikannya menjadi kenyataan. Dengan dukungan dari DPRD, alhamdulillah penugasan diberikan Jakpro. Karena itu, ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran yang sudah bekerja keras mewujudkan ini. Mari kita tuntaskan. Sekarang sudah 40-an persen lebih. 

"Izinkan di dalam bagian akhir ini, saya menyampaikan rukunnya sebuah peresmian. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim. Pada hari ini, Senin tanggal 28 Desember 2020, lapangan latih Jakarta International Stadion secara resmi dinyatakan dibuka dan digunakan," ujar Gubernur Anies.  

Perlu diketahui, beberapa fasilitas Lapangan Latih JIS yang baru saja diresmikan antara lain: 
1. Playing Field 165x68 meter berstandar FIFA 
2. Kualitas rumput setara FOP (field of play) lapangan utama  
3. Resisteance dan durability 2-3 kali lebih kuat.  
4. Kapasitas tribun 600 orang  
5. Fasilitas lapangan setara dengan stadion kelas dunia   
6. Dapat menggelar pertandingan resmi tim junior, timnas dan klub   
7. Memiliki sistem penyiraman dan drainase standar FIFA   
8. Amenities standar FIFA

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya