Piala AFC U-16 dan U-19 Resmi Batal, Ini Reaksi Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) resmi membatalkan Piala AFC U-19 dan AFC U-16 2020. Kepastian ini usai AFC mengirimkan surat resmi kepada PSSI pada 15 Januari 2021 lalu.

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Awalnya AFC merencanakan Piala AFC U-19 2020 dihelat bulan Maret 2021 di Uzbekistan. Sementara untuk Piala AFC U-16 2020 digelar di Bahrain pada April 2021.

Dilansir laman resmi PSSI, Senin 18 Januari 2021, pelatih Shin Tae-yong mengatakan bahwa ia menerima keputusan AFC ini. Apalagi saat ini pandemi COVID-19 masih tinggi di hampir seluruh negara.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

"Kami (tim) sudah melakukan persiapan selama satu tahun dengan dukungan luar biasa dari PSSI. Sayang Piala Dunia U-20 dan Piala AFC U-19 harus batal. Para pemain sudah menunjukkan perkembangan yang baik dan hasil yang maksimal," kata Shin Tae-yong.

"Kepada pemain kami harap tetap semangat, bekerja keras dan terus berikan hasil yang maksimal saat latihan maupun bertanding. Karena karier mereka masih panjang dan banyak turnamen atau kompetisi yang akan diikuti," tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

Seperti diketahui, sebelumnya FIFA juga membatalkan Piala Dunia FIFA U-20 2021 dan Piala Dunia FIFA U-17 2021. Dua event ini akan dijadwalkan FIFA pada tahun 2023 mendatang. Indonesia dan Peru tetap masih sebagai tuan rumah masing-masing ajang bergengsi tersebut.

Sementara itu pelatih timnas U-16, Bima Sakti mengatakan ia mengambil hikmah atas pembatalan ajang Piala Dunia U-17 dan AFC U-16 ini. Ia menyebut apa yang dilakukan pemain tidak sia-sia.

“Ini sudah menjadi keputusan FIFA dan AFC. Sejak setahun lebih, kami menjalani pemusatan latihan serta uji coba internasional, saya yakin ada manfaatnya dikemudian hari nanti. Tim ini punya prospek yang bagus dan masa depan yang cerah untuk timnas kelompok usia selanjutnya” kata Bima Sakti.

Sebelumnya Ketua Umum, Mochamad Iriawan mengatakan PSSI menghormati keputusan ini. "PSSI akan tunduk dan patuh terhadap apapun keputusan dari AFC. Penundaan ini membuat kita punya waktu yang panjang untuk mempersiapkan generasi selanjutnya Timnas U-16 dan U-19," kata Iriawan.

"Pembatalan sejumlah ajang tersebut bukan akhir bagi pemain Timnas U-19 dan Timnas U-16. Karena mereka bisa juga akan naik level ke kelompok umur selanjutnya. Untuk itu pemain harus selalu kerja keras, disiplin, dan selalu memberikan hasil yang maksimal," tambah pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya