Gabung Klub Korsel, Shin Tae-yong Bongkar Keganasan Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam Bahar
Sumber :
  • twitter.com/asnawi_bhr

VIVA – Pemain Timnas Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam Bahar dikabarkan telah menandatangani kontrak dengan klub Korea Selatan Ansan Greeners FC.

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Asnawi dikontrak setahun oleh tim kasta kedua Liga Korea Selatan (K League 2) itu dengan opsi perpanjangan satu tahun. Tak lama lagi, Asnawi bakal menjadi pemain pertama Indonesia yang berkarier di Korea Selatan.

Usut punya usut, bergabungnya Asnawi ke Greeners tak lepas dari rekomendari manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam wawancara dengan Chosun Sport, Tae-yong mengatakan Asnawi memiliki kelebihan daripada pemain Indonesia lainnya. Dan, dia mengungkapkan, Asnawi adalah pemain nomor satu di hatinya.

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

"Dia adalah pemain yang tidak akan saya ragukan. Pemain yang bisa bermain tidak hanya di K League 2 tapi juga di K League 1. Dia adalah pemain nomor satu di hati saya," kata Tae-yong.

Tae-yong juga menempatkan Asnawi sejajar dengan dua pemain Korea Selatan Choi Hyo-jin (Jeonnam Dragons) dan Choi Chul-soon (Jeonbuk Motors). Asnawi memiliki kesamaan sebagai pemain yang memiliki mental kuat.

"Dia mengejar dan menahan lawan ke manapun. Dia tidak mundur dan terus menunjukkan keberanian seperti  yang menunjukkan sebagai pemain bermental kuat," ucapnya.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

"Pemain-pemain Indonesia memang tidak terlalu didukung teknologi. Mental dan semangat bersaingnya kalah dengan pemain Korea. Akan tetapi, pemain ini memiliki kekuatan mental dan fisik," sambungnya.

Di sisi lain, Asnawi nantinya akan mendapat gaji yang lebih kecil di Greeners ketimbang saat di PSM. Meski demikian, Asnawi ternyata tidak menolak tawaran itu. Sebab, pemain berusia 21 tahun itu mengaku sangat tertantang untuk menjajal atmosfer K League.

"Asnawi menerima gaji miliaran secara lokal, tapi dia rela memotong gajinya ketika dia datang ke K League," ujar Kepala tim Ansan Greeners FC, Joo Chan-yong, dikutip Sports Seoul.

"Keadaan tim saat ini juga tidak bisa memberi banyak, tapi dia memiliki keinginan kuat untuk menantang K League. Dia datang ke Korea dengan mimpi yang besar," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya