Ini Dia Rencana Baru PSSI Usai Piala Dunia U-20 Ditunda

Mochamad Iriawan (kiri) dan Menpora Zainudin Amali
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – PSSI menyampaikan perencanaan dan program terkait ditundanya Piala Dunia U-20 2021 ke tahun 2023 kepada Menpora, Zainudin Amali.

Iwan Bule Bingung Usai Timnas Indonesia U-23 ke Babak 8 Besar : Itu Shin Tae-yong atau Pep Guardiola

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya berencana menggelar TC jangka panjang untuk Timnas U-19.

Menpora Zainudin Amali, kata Iriawan, mendukung usulan PSSI ini. Namun, untuk saat ini PSSI beserta tim kepelatihan fokus untuk mencari pemain-pemain U-19 yang benar-benar layak masuk dalam skuad.

Budiman Sudjatmiko Dukung Prabowo, Iwan Bule: Saya Keberatan Disebut Devide et Impera

"Penundaan Piala Dunia U-20 ke 2023 tentunya menjadi acuan kita berikutnya melakukan TC Timnas U-19 yang nanti kita bentuk. Menpora minta TC jangka panjang nanti agar betul-betul pemain siap memberikan yang terbaik untuk Indonesia," kata Iriawan, Selasa 2 Februari 2021.

Photo :
  • Kemenpora
Iwan Bule Buka Suara soal Tuduhan Tinggalkan Utang Rp100 Miliar ke PSSI

Sementara itu, Zainudin Amali mengungkapkan pihaknya saat ini sedang menunggu surat resmi dari FIFA soal penundaan jadwal. Sebabnya, meski sudah ada pengumuman FIFA melalui rilisnya, hal itu belum bisa menjadi acuan untuk Kepres dan Inpresnya.

"Kami menunggu surat resmi dari FIFA dulu, bahwa itu diundurkan walaupun pengumumannya kita sudah dengarkan melalui websidenya FIFA," kata Amali

“Tapi secara resmi kan harus ada tertulisnya yang menjadi pegangan kita dan dengan dasar itu kemudian akan menerbitkan payung hukum baru untuk pelaksanaan, baik untuk kepres maupun inpresnya. Jadi kami menunggu itu," sambungnya.

Piala Dunia U-20 semula dijadwalkan berlangsung pada pertengahan tahun ini. Namun, FIFA secara resmi telah membatalkan turnamen tersebut bersama dengan Piala Dunia U-17 2021.

Hal itu diumumkan Biro Dewan FIFA pada Kamis 24 Desember 2020. Keputusan itu juga sekaligus menunjuk Indonesia dan Peru sebagai tuan rumah edisi 2023.

Keputusan pembatalan ini tak lepas dari situasi pandemi virus corona COVID-19 saat ini yang tak kunjung mereda. Dan itu berdampak pada pembatasan perjalanan internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya