Bagus Kahfi Ikuti Jejak 2 Pemain Indonesia di FC Utrecht

Bagus Kahfi resmi diperkenalkan FC Utrecht.
Sumber :
  • Twitter/@fcutrecht

VIVA – Wonderkid Timnas Indonesia, Bagus Kahfi resmi bergabung dengan FC Utrecht. Klub Eredivisie Belanda tersebut mengumkan Bagus sebagai rekrutan anyar pada Jumat 5 Februari 2021.

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Ada hal menarik terkait FC Utrecht. Rupanya, mereka memiliki hobi mendatangkan pemain asal Indonesia.

Bagus bukan pemain Indonesia pertama yang direkrut Utrecht. Setidaknya ada dua pemain Indonesia yang sempat merasakan tampil di Stadion Galgenwaard. Berikut dua pemain tersebut:

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

1. Irfan Bachdim
Irfan bergabung dengan akademi Utrecht pada 2003 setelah bakatnya dicium pemandu bakat tim. Pada 2007, dia naik tingkat ke tim senior.

Photo :
  • Instagram/@PSSI__FAI
Prediksi Piala Asia U-23: Yordania vs Timnas Indonesia

Namun, Irfan hanya sekali tampil bersama tim senior Utrecht. Dia tampil 90 menit saat Utrecht menghadapi VVV-Venlo dalam laga Eredivisie, 17 Februari 2008. Setelah kontraknya habis pada Juli 2009, Irfan bergabung dengan klub Belanda lainnya, HFC Haarlem.

Pada 2010, Irfan mencoba peruntungan di Indonesia. Dia memilih bergabung dengan Persema Malang.

Sempat melanglangbuana ke Thailand dan Jepang bersama Chonburi, Sriracha, Ventforet Kofu hingga Consadole Sapporo, Irfan kembali ke Indonesia pada 2017. Dia memperkuat Bali United lalu berlabuh di PSS Sleman pada 2020.

2. Stefano Lilipaly
Sama seperti Irfan, Stefano Lilipaly tampil di akademi Utrecht pada 2001. Dia baru dipromosikan ke tim senior pada 2010.

Photo :
  • www.azjeugd.nl

Lilipaly melakoni debut di tim senior Utrecht pada Agustus 2010, saat menghadapi VVV-Venlo di Eredivisie. Sedangkan penampilan perdananya sebagai starter terjadi pada Januari 2012, saat itu dia mencetak gol pembuka dalam duel melawan PSV Eindhoven.

Total, Lilipaly mencetak satu gol dalam lima laga bersama Utrecht pada 2010 hingga 2012. Setelah itu, dia bergabung dengan klub kasta kedua Belanda (Eerste Divisie), Almere City di musim panas 2012.

Lilipaly berlabuh di klub Jepang, Consadole Sapporo pada 2014. Dia lalu kembali ke Belanda bersama Telstar dan SC Cambuur.

Pada 2017, Lilipaly pulang kampung ke Indonesia. Dia memperkuat Bali United.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya