PSSI Gelar Turnamen Pramusim Bertajuk Piala Menpora

Mochamad Iriawan (kiri) dan Menpora Zainudin Amali
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan membeberkan rencana untuk menggelar turnamen pramusim pada 20 Maret sampai 25 April 2021. Nama turnamen pramusim ini diusung PSSI dan operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yaitu Piala Menpora 2021.

Resmi, Liga 1 Kembali Bergulir pada 15 April 2024

Iriawan menjelaskan, Piala Menpora 2021 akan digelar di empat kota, yaitu Solo, Sleman, Magelang, dan Semarang serta diikuti 18 peserta Liga 1 plus dua kontestan Liga 2 musim ini, Sriwijaya FC dan PSMS Medan.

Selain empat kota itu, PSSI dan PT LIB juga menyiapkan empat lokasi Turnamen Prakompetisi alternatif, yaitu Solo, Samarinda, Lampung, dan Palembang. Iriawan menyatakan, apabila turnamen pramusim ini bisa berjalan lancar dengan protokol kesehatan, Liga 1 2021 berpeluang besar mendapatkan izin dari Polri.

PSS Sleman Sayangkan Penghentian Liga 1 Secara Mendadak

"Ini rencana, kalau pramusim bisa berjalan lancar kita sudah siapkan bagaimana nantinya Liga 1 bergulir," kata Iriawan dalam pertemuan dengan Menpora, Zainudin Amali, di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis 18 Februari 2021.

"Ini secara khusus nanti akan dilakukan meeting. Tapi sekali lagi Liga 1 bisa digelar kalau turnamen pramusim sesuai dengan harapan," sambungnya.

PSSI Setuju Amandemen Regulasi Pemain U-23 di Liga 1

Iriawan menuturkan, alasan pemilihan kompetisi pramusim bernama Piala Kemenpora 2021 karena beberapa hal. Salah satunya adalah agar Kemenpora dapat memberikan masukan-masukan saat turnamen berlangsung.

"Kemudian juga tentu menjadi kemudahan bagi kami. Menpora bisa menjembatani, seperti di saat Pak Kapolri yang sibuk, Pak Menpora bisa bertemu dalam rapat terbatas," ucapnya.

"Selain itu, kami tahu dan sangat sadar Pak Menpora begitu atensi kepada PSSI, Pak Menpora tahu betul kesulitan PSSI. Bapak Menpora sangat pantas menjadi nama turnamen ini," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya