Menpora Terharu Atas Antusiasme Publik Sepakbola Nasional

Mochamad Iriawan (kiri) dan Menpora Zainudin Amali
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, sangat senang dengan gairah sepakbola nasional. Setelah menunggu lama, izin akhirnya keluar dari Kapolri terkait pramusim Liga 1.

Apsumsi Gelar Turnamen Sepakbola Piala Menpora U-13, 16 Tim Bersaing Raih Juara

PSSI selama ini memang kesulitan menjalin komunikasi dengan Polri. Bahkan tahun lalu, permohonan izin untuk menggelar lanjutan kompetisi tiga kali ditolak.

Menpora kemudian membuka jalan menjalin komunikasi dengan Kapolri Listyo Sigit tentang kesulitan kegiatan olahraga khususnya sepakbola, seperti Liga 1 dan Liga 2. Hingga akhirnya, izin itu pun turun.

Turnamen Street Soccer Piala Menpora 2022 Tuntas, Ini Daftar Juaranya

Untuk mengapresiasi dukungan dari Amali, PSSI dan operator kompetisi pun menggagas turnamen pramusim Liga 1 bertajuk Piala Menpora 2021.

"Ini luar biasa. Saya sampai terharu mendapatkan ucapan terima kasih dari berbagai pihak di berbagai grup. Jadi trending topic nomor 1 Piala Menpora, luar biasa antusiasme masyarakat terhadap sepakbola ini, saya tak menyangka," kata Amali kepada VIVA.

Turnamen Street Soccer Digelar Lagi, Siap Perebutkan Piala Menpora

Amali menuturkan, sepakbola bisa mengalahkan urusan politik dan ekonomi. Hasil lembaga survei bahwa 73 persen rakyat Indonesia menyukai sepakbola terbukti benar.

"Saya sebenarnya bekerja membantu kegiatan olahraga khususnya sepakbola yang sudah lama terhenti. Konsentrasi saya beberapa hari terakhir ini terpusat pada bagaimana mencari terobosan dan jalan keluar dari kebuntuan ini," ucap Amali.

"Ini bukan hal mudah. Tapi, kita harus kreatif memikirkan caranya. Butuh seni dan keterampilan manajerial untuk memadukan kedua kepentingan tersebut supaya tidak bertabrakan," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya