Siapa 5 Pemain Indonesia Layak Menembus J.League

Ilustrasi pemain Indonesia menembus J.League
Sumber :
  • Dok. JLeague

VIVA – J.League menjadi salah satu kompetisi papan atas di Asia. Kasta tertinggi sepakbola Jepang tersebut mampu menghasilkan beberapa nama beken yang kini menghiasi kompetisi Eropa.

Justin Hubner Turut Andil dalam Kemenangan Cerezo Osaka Atas Morioka

Banyak pemandu bakat di Eropa yang datang untuk menyaksikan J.League. Tujuannya tentu saja untuk membawa pemain dengan talenta luar biasa merumput di Benua Biru.

Dengan tingkat popularitasnya yang tinggi, tak sedikit pemain dari negara Asia lainnya yang bermimpi untuk meniti karier di sana. Lantas siapa saja pemain Indonesia yang menurut Anda layak untuk mencoba peruntungan di sana?

Justin Hubner Cetak Sejarah, Ragnar Oratmangoen Bernasib Tragis

1. Ryuji Utomo (Persija Jakarta/Penang FC)

Ryuji Utomo merupakan salah satu pemain Indonesia yang beberapa kali mencoba peruntungan di luar negeri. Dia pernah mencicipi kerasnya persaingan sepakbola Thailand bersama PTT Rayong. Sempat pula dia bermain di klub Bahrain, Al Najma.

Justin Hubner Pilih Cerezo Osaka, Jangan Remehkan Liga Jepang

Saat ini Ryuji sedang menjalani masa pinjaman bersama klub Malaysia, Penang FC. Dia diberikan kesempatan oleh Persija Jakarta untuk hengkang, sembari menanti Liga 1 dilanjutkan.

2. Yanto Basna (PT Prachuap FC)

Sudah tiga musim belakangan ini Yanto Basna berkarier di Thailand. Dia awalnya memperkuat Khon Kaen FC pada 2018. Lalu pindah ke Sukhothai FC semusim kemudian. Saat ini dia bermain di kompetisi kasta tertinggi Thailand bersama PT Prachuap FC.

3. Amiruddin Bagus Kahfi (FC Utrecht)

Bagus Kahfi mencuri perhatian pecinta sepakbola Indonesia setelah resmi bergabung dengan klub Belanda, FC Utrecht. Di usia yang muda, diharapkan dia bisa menimba ilmu di sana. Kemampuannya yang mumpuni membuka kemungkinan untuk bisa bersaing di Jepang.

4. Evan Dimas Darmono

Nama Evan Dimas sudah sangat melekat dalam sepakbola Indonesia. Talentanya luar biasa. Dia punya kemampuan bermain yang di atas rata-rata pemain Tanah Air. Kesempatan bisa merumput di Jepang tentu akan membuatnya semakin kompetitif.

5. Saddil Ramdani (Sabah FC)

Saddil Ramdani baru saja diumumkan bermain untuk Sabah FC. Klub asal Malaysia itu terpikat dengan kemampuan eks pilar Bhayangkara FC itu pernah juga pengalaman di sana saat bermain untuk Pahang FA. Menarik jika bisa melihat dia merumput di Liga Jepang juga.

6. Febri Hariyadi (Persib Bandung)

Pemain yang diidolakan oleh pendukung Persib Bandung ini sejak lama selalu dikaitkan dengan klub luar negeri. Kecepatannya dalam berlari dan kualitas dribel yang bagus bisa jadi modal untuk bersaing di kompetisi Jepang.

7. Osvaldo Haay (Persija Jakarta)

Osvaldo Haay sekarang ini bermain untuk Persija Jakarta. Top skorer SEA Games 2019 Filipina itu sempat juga menjalani trial bersama klub Spanyol, CD Numancia. Keunggulan pemain asal Papua tersebut dalam duel memperebutkan bola boleh jadi modalnya untuk berkarier di J.League.

8. Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica)

Indonesia bisa dibilang punya segudang pemain muda berbakat. Salah satunya adalah Witan Sulaeman yang kini bermain untuk FK Radnik Surdulica. Kegemilangannya bermain di posisi penyerang sayap, layak juga dicoba di J.League.

9. Amiruddin Bagas Kaffa (Barito Putera)

Bagas Kaffa menjulang namanya ketika memperkuat Timnas Indonesia U-16.. Dia salah satu pilar andalan yang akhirnya merebut gelar juara Piala AFF U-16 2018. Sebagai bek sayap kanan, Bagas Kaffa mampu menjalani peran vital. Andai dia menuju J.League, pengalaman menimba ilmu sepakbola bersama Garuda Select bisa jadi modalnya.

10. Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk)

Egy Maulana Vikri adalah salah satu talenta muda Indonesia yang diharapkan bisa jadi andalan skuad Garuda. Dia kini ada di Polandia untuk membela Lechia Gdansk. Andai ingin lebih sering mendapat menit bermain, J.League yang punya tingkat kompetitif tinggi layak jadi pilihan.

11. Asnawi Mangkualam Bahar (Ansaan Greeners)

Pemain muda milik PSM Makassar ini bisa dibilang serbabisa. Mengawali karier sebagai gelandang bertahan, kini dia lebih sering diplot menjadi bek sayap kanan. Kengototannya dalam duel dengan lawan dan fisik yang mumpuni membuatnya kini dipinang klub Korea Selatan, Ansaan Greeners. Tentu saja jika nantinya ada pinangan dari klub J.League, dia tidak akan sulit beradaptasi.

12. Todd Rivaldo Ferre (Persipura Jayapura/Lampang FC)

Pemain muda berbakat asal Papua ini layak mendapat kesempatan untuk berkarier di luar negeri. Kini dia sedang dipinjam oleh tim asal Thailand, Lampang FC. Tapi dengan kualitas yang dimiliki, kesempatan bermain di J.League amat bagus untuknya.

13. Beckham Putra Nugraha (Persib Bandung)

Beckham Putra Nugraha menjadi salah satu pemain muda yang sukses di Indonesia. Karena dia sudah bisa menembus skuad utama Persib Bandung. Sebagai gelandang, dia punya visi bermain bagus. Kesempatan untuk mencicipi J.League, nampaknya layak diberikan kepada adik dari Gian Zola tersebut.

14. Pratama Arhan (PSIS Semarang)

Pratama Arhan menjadi pemain yang mampu menarik hati pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. Selama pemusatan latihan di luar negeri dan menjalani uji coba, beberapa kali pemain PSIS Semarang itu dijadikan kapten. Bek kiri dengan keunggulan tekel dan umpan akurat ini layak jika diberi kesempatan bermain di J.League.

15. David Maulana (Barito Putera)

Barito Putera memiliki pemain muda potensial bernama David Maulana. Calon jenderal lapangan tengah Timnas Indonesia itu punya kualitas individu yang luar biasa. Visi dan misi bermainnya juga bagus. Sempat mencuat kabar ada tim Eropa yang kepincut dengannya, tapi jika mau lebih matang lagi, ada baiknya dia meniti karier lebih dulu di J.League yang juga kompetitif.

Siapa saja pemain yang paling layak berlaga di J.League? 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya