Piala Menpora Khusus Liga 1, PSMS dan Sriwijaya Dicoret

Irjen Pol (P) Drs. Sudjarno, Direktur Operasional PT LIB
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kejutan dibuat oleh PT Liga Indonesia Baru dan PSSI terkait turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Mereka memutuskan Piala Menpora 2021 hanya diikuti klub peserta Liga 1 musim ini.

Bhayangkara FC Resmi Terdegradasi ke Liga 2

Keputusan itu diambil setelah PT LIB dan PSSI kembali menggelar rapat pada Jumat, 19 Februari 2021. Hasilnya, diputuskan bahwa Piala Menpora 2021 hanya menyertakan klub-klub Liga 1.

Artinya, hanya akan ada 18 tim yang turut serta. Padahal, sebelumnya PSSI dan PT LIB mengundang PSMS Medan dan Sriwijaya FC sebagai perwakilan Liga 2 sekaligus menggenapkan peserta menjadi 20 tim.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

Namun, tampaknya keputusan tersebut memicu protes dari klub Liga 2 lainnya sehingga akhirnya Piala Menpora hanya dikhususkan untuk klub Liga 1.

"Kami sudah rapat dengan PSSI. Dari rapat itu memutuskan peserta turnamen pramusim hanya klub Liga 1," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, ketika dihubungi wartawan.

Resmi, Liga 1 Kembali Bergulir pada 15 April 2024

Piala Menpora akan dihelat pada 20 Maret - 25 April 2021. Turnamen pramusim ini akan diselenggarakan di empat kota, yakni Bandung, Solo, Sleman, dan Malang.

Dengan berkurangnya jumlah tim, itu berarti ada dua grup yang berisikan lima klub. Sementara, yang lainnya empat klub.

Kendati demikian, Sudjarno menyebut pihaknya tak begitu saja melupakan Liga 2. Dia mengungkapkan saat ini PSSI dan PT LIB tengah menggodok skema untuk menggelar turnamen pramusim untuk Liga 2. Hal itu dilakukan agar jangan sampai muncul perasaan pilih kasih.

"Untuk turnamen pramusim Liga 2 masih digodok bersama PSSI dan PT LIB. Semuanya masih kami rencanakan," tutur Sudjarno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya