Semifinal dan Final Piala Menpora Berpeluang Digelar di Solo

Menpora Zainudin Amali dan Mochamad Iriawan
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menyebut laga semifinal dan final berpotensi digelar di Stadion Manahan, Solo. Itu setelah politikus asal Gorontalo tersebut berkomunikasi dengan Wali Kota, Gibran Rakabuming.

Apsumsi Gelar Turnamen Sepakbola Piala Menpora U-13, 16 Tim Bersaing Raih Juara

Sebelum ide tersebut dikemukakan, Solo sejatinya telah ditunjuk menjadi salah satu tuan rumah Piala Menpora 2021 yang bakal dilaksanakan bersama tiga kota lainnya, yakni Bandung, Sleman, dan Malang. Bahkan, Stadion Manahan bakal dijadikan tempat pembukaan turnamen pramusim itu.

Terpilihnya Stadion Manahan untuk menggelar laga-laga penting, diungkapkan Zainudin, tak lepas dari statusnya sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 2023. Maka itu, Menpora dan Wali Kota Solo sangat menyambut baik usulan menggelar fase penting Piala Menpora di Solo sebagai salah satu bentuk upaya mengurangi peluang penyebaran COVID-19 lantaran sudah membatasi pergerakan antara pemain dan ofisial.

Turnamen Street Soccer Piala Menpora 2022 Tuntas, Ini Daftar Juaranya

"Wali Kota Solo sudah menyampaikan kalau mereka sangat siap. Stadion Manahan ini kan salah satu stadion yang disiapkan ke Piala Dunia U-20. Untuk pembukaan, kita sudah komunikasi dengan PSSI," kata pria asal Gorontalo kepada wartawan di Kantor Kemenpora, Kamis 4 Maret 2021.

"Tinggal kita lihat. Saya sih berharap supaya tak terlalu banyak pergerakan maka semifinal dan finalnya juga di sana," tutur dia. 

Turnamen Street Soccer Digelar Lagi, Siap Perebutkan Piala Menpora

Kendati demikian, Zainudin menyampaikan hal itu baru sebatas usulan. Dia menyerahkan sepenuhnya pengaturan Piala Menpora pada PT. Liga Indonesia Baru.

"Tapi itu sekali lagi tergantung dari penyelenggara yakni PT LIB. Pak Wali Kota sudah komunikasi dengan saya dan menyampaikan persiapan sejauh mana," ucap Zainudin.

Piala Menpora 2021 akan dihelat mulai 21 Maret-25 April 2021. Turnamen ini akan diikuti 18 tim Liga 1.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya