Pelajaran Berharga PSSI Setelah Uji Coba Timnas U-22 Sempat Dibatalkan

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan
Sumber :
  • VIVA / Robbi Yanto

VIVA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku telah mengambil pelajaran berharga usai uji coba Timnas Indonesia U-22 sempat dibatalkan. Menurutnya, hal tersebut jadi koreksi karena ke depannya induk sepakbola Tanah Air itu akan menyelenggarakan turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Pengakuan Erick Thohir dan PSSI soal Kinerja Shin Tae-yong

Sejatinya, Timnas U-22 dijadwalkan menjalani laga uji coba kontra Tira Persikabo pada Rabu 3 Maret 2021. Nyatanya, laga tersebut tak jadi dilangsungkan akibat tak mendapat izin dari pihak Kepolisian.

Kelalaian PSSI jadi biang keladi masalah ini. Mereka mengajukan surat izin terlalu mepet dengan jadwal pertandingan.

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Menurut keterangan Polri, mereka menerima surat permohonan untuk mengeluarkan izin keramaian pada Rabu pagi. Sementara, partai uji coba bakal dilangsungkan sore harinya.

Padahal, seharusnya surat permohonan diajukan setidaknya tujuh hari sebelum kegiatan.

Jangan Ragukan Nasionalisme Pemain Naturalisasi Indonesia

Tak cuma itu, diakui Iriawan, pihaknya juga tidak menyertakan satu dokumen dalam pengajuan izin keramaian laga Timnas, Rabu lalu.

Beruntung, setelah pihak Kepolisian meninjau ulang, mereka akhirnya menerbitkan surat izin keramaian untuk dua laga uji coba Timnas U-22. Laga yang semula dibatalkan jadi hanya digeser tanggalnya. Duel menghadapi Tira Persikabo di 5 Maret dan Bali United pada 7 Maret.

"Ini jadi pelajaran bagi kami terutama kelengkapan yang harus disiapkan," ujar Iriawan dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat 5 Maret 2021.

Ke depannya, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu berjanji akan mengerahkan jajarannya agar kejadian seperti ini tak terulang lagi. Pun dengan penerapan protokol kesehatan yang wajib untuk dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19.

Pasalnya, laga uji coba Timnas U-22 dijadikan simulasi menggelar pertandingan pada Piala Menpora 2021 dan Liga 1 2021.

"Ini pelajaran berharga kalau protokol seperti ini yang kita pakai saat Piala Menpora. Sekarang, kita sedang menghadapi situasi luar biasa karena pandemi COVID-19 sehingga kami harus dapat mengelola sepakbola saat masih pendemi seperti ini," kata Iwan Bule.

"Kalau pramusim sukses dan lancar, Insya Allah Polri memberikan izin berikutnya yaitu izin Liga 1 dan 2," jelas mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Sebagai informasi, Timnas U-22 baru saja menjalani laga uji coba kontra Tira Persikabo di Stadion Madya Senayan, Jumat 5 Maret 2021. Duel tersebut dimenangkan oleh tim asuhan Shin Tae-yong dengan skor 2-0.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya