Piala Menpora Pernah Digelar pada 2013, Arema Indonesia Jadi Juara

Pemain Arema Indonesia, Keith Kayamba Gumbs (kanan)
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Turnamen Piala Menpora 2021 akan digelar pada 21 Maret hingga 25 April 2021. Ajang yang digelar di empat kota ini diikuti oleh 18 klub Liga 1.

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Ternyata, ini bukan Piala Menpora yang pertama digelar di Indonesia. Sebelumnya, pada 2013 juga sempat ada turnamen Piala Menpora.

Dilansir berbagai sumber, Piala Menpora 2013 digelar pada 20 hingga 29 September 2013. Ajang ini digelar di dua kota yakni Bandung tepatnya di Stadion Si Jalak Harupat dan Malang di Stadion Kanjuruhan.

Nick Kuipers: Persib Bandung Harusnya Ungguli Persita 4-0 di Babak Pertama

Ada delapan klub yang mengikuti turnamen ini. Menariknya, ada tiga tim dari luar negeri yakni Central Coast Mariners (Australia), Loyola Meralco Sparks (Filipina) dan Timnas Malaysia U-23.

Tim peserta dibagi dalam dua grup. Di Grup A yang berlangsung di Bandung, ada Central Coast Mariners, Persib Bandung, Malaysia U-23, dan Sriwijaya FC.

Kunci Persita Tangerang Imbangi Persib Bandung meski 2 Kali Tertinggal

Sementara itu, Grup B berlangsung di Malang. Ada Arema Indonesia, Persepam Madura United, Mitra Kukar, dan Loyolya Meralco Sparks.

Dua juara grup bertemu di final. Central Coast bertemu Arema Indonesia di Stadion Kanjuruhan Malang pada 29 September 2013.

Baca juga: Arema Juara Piala Menpora 2013

Arema menjadi juara usai menang 2-1. Keith Kayamba Gumbs mencetak dua gol dari titik penalti di menit 42 dan 55. Gol balasan Central Coast dilesakkan Marcos Flores (45').

Keith Kayamba Gumbs menyabet gelar pemain terbaik sekaligus top scorer di Piala Menpora 2013. Pemain asal Saint Kitts dan Nevis ini menyumbangkan empat gol selama turnamen.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya