Respons PSSI Lihat Publik Figur Mulai Lirik Klub Liga 2

Dirut Persis Solo, Kaesang Pangarep, bersama Ketum PSSI dan jajarannya
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, merespons positif geliat para publik figur yang berlomba mengakuisisi klub-klub Liga 2. Menurutnya, hal ini bakal berdampak positif pada kemajuan sepakbola Indonesia.

Persija Kurang Maksimal saat Kalahkan Persis, Ini Alasannya

Dalam beberapa bulan terakhir, sejumlah klub Liga 2 mempunyai pemilik baru yang namanya tenar di luar sepakbola atau berstatus sebagai publik figur. Dimulai dari Dewa United, Persis Solo, dan Cilegon United.

Dewa United jadi tim pertama yang muncul setelah mengakuisisi saham Martapura FC yang krisis finansial. Kevin Hardiman didapuk sebagai Chief Executive Officer (CEO), sedangkan presenter olahraga, Rendra Soedjono menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO).

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Hanya berjarak satu bulan, giliran putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, yang mengumumkan kepemilikan Persis Solo. Kaesang memegang saham mayoritas dengan 40 persen, Direktur PT. Plevia Makmur Abadi Kevin Nugroho sebanyak 30 persen, dan Menteri BUMN Erick Thohir sebesar 20 persen. Sementara, 10 persen sisanya dimiliki pendiri PT. Persis Solo Saestu.

Terakhir, ada selebiti Raffi Ahmad yang membeli saham Cilegon United. Dia menggandeng bos Prestige Motorcars, Rudy Salim, untuk membesarkan klub tersebut.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

Setelah resmi menjadi pemilik, Raffi mengubah nama Cilegon United menjadi RANS Cilegon United. Senada dengan manajemen yang didirikan oleh Raffi, yakni RANS Entertainment.

Ketiga pemilik baru tersebut mengaku berkomitmen untuk mengembangkan timnya dan sepakbola Indonesia. Dimulai dari manajemen dan merambah hingga pemain serta pelatih dan ofisial.

Nah, hal ini ternyata turut menjadi perhatian Iriawan yang menjadi pemimpin tertinggi federasi sepakbola Tanah Air. Dia terlihat sangat antusias mengetahui klub-klub Liga 2 sudah mulai dilirik dan akan dikembangkan demi memajukan industri sepakbola Indonesia.

Hal itu diungkapkan Iriawan ketika menemani Kaesang yang menyambangi Kantor PSSI di Jakarta, pada Rabu 7 April 2021. Di waktu yang bersamaan, dia juga berharap Kaesang bisa menjaga komitmennya dalam membangun prestasi klubnya tersebut.

"Alhamdulillah bermunculan sosok-sosok yang ingin mengurus sepak bola, seperti Raffi Ahmad, ada juga Dewa United yang belum lama ini meresmikan diri. Kami juga berharap Persis Solo dikelola dengan baik. Mas Kaesang seperti yang disampaikan, sudah merekrut cukup banyak, manajemennya sudah bagus, pelatihnya juga sudah ada," ujar mantan Kapolda Metro Jaya.

"Ini adalah wujud dari pemilik klub atau CEO yang ingin memajukan sepakbola. Mudah-mudahan selalu diberikan kesehatan untuk memimpin Persis Solo. Harapannya, dengan munculnya banyak CEO baru, akan membuat industri sepakbola semakin maju ke depannya," jelas dia.

Persis Solo sendiri saat ini masih berkompetisi di Liga 2. Maka itu, Kaesang menargetkan Laskar Samber Nyawa bisa lolos secepatnya ke Liga 1.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya