Duel Sengit Hingga Penalti, PSM Makassar Lumpuhkan PSIS Semarang

Duel PSIS Semarang Vs PSM Makassar
Sumber :
  • ligaindonesiabaru

VIVA – PSIS Semarang dan PSM Makassar saling jegal di laga perempatfinal Piala Menpora 2021. Duel berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat 9 April 2021.

Polemik Masa Lalu, Kiper Timnas Indonesia Minta Maaf ke Shin Tae-yong

PSIS melaju ke babak 8 besar setelah finis sebagai juara Grup A. Mereka menutup fase penyisihan tanpa kekalahan dengan nilai tujuh. Berasal dari dua kemenangan dan sekali imbang.

Sedangkan PSM melaju ke perempatfinal dengan status runner up Grup B dengan raihan lima poin.

Malut United Promosi ke Liga 1, Tuah Rifal Lastori Berlanjut

Duel berlangsung menarik sejak menit awa pertandingan. Peluang pertama didapat PSIS pada menit ketujuh melalui Arhan. Setelah aksinya menusuk di sisi sayap, Arhan mencoba melepaskan bola ke dalam kotak penalti.

Namun, pemain PSIS tak dapat menguasai umpan itu, dan bola mampu diamankan pemain PSM keluar kotak pinalti.

Bekuk PSIS Semarang, Bali United Tembus Posisi Tembus 3 Liga 1

Menit ke-15, PSIS kembali mendapatkan peluang. Melalui tendangan bebas dari Dewa, bola liar di depan gawang, sayang sekali Riyan yang berada dekat dengan bola gagal menceploskan ke gawang.

PSM memeberikan perlawanan. Arfan melepaskan sepakan spekulasi, namun masih jauh dari gawang Jandia pada menit ke-22.

Pada menit ke-27, PSIS nyaris mencetak gol melalui Komarudin. Namun, tendangan dari luar kotak pinalti hanya menyamping dari gawang PSM.

Pada menit ke-38, PSM Makassar mendapatkan peluang melalui Yacob Sayuri. Namun, tendangan itu masih bisa diamankan Jandia.

Kedua tim terus memberikan serangan, tapi penyelesaian akhir yang kurang maksimal membuat gol belum tercipta hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda laga pertama usai. Skor masih berimbang 0-0.

Laga semakin seru di babak kedua. PSM membuka peluang pada menit ke-58. Berawal dari sepak pojok Rasyid Bakri yang berhasil disundul oleh Erwin Gutawa. Tapi bola masih bisa diamankan ke Jandia.

PSIS membalas menit ke-69 melalui penyerang andalannya Hari Nur. Striker 22 tahun itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi, bola masih tipis berada di samping gawang PSM.

Jandia Eka bernar-benar harus berjibaku pada laga ini. Kiper asal Sumatera Barat itu beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang untuk membuat gawangnya tanpa kebobolan.

Pada menit ke-84. PSM nyaris saja memimpin melalui sundulan Sundulan Sutanto Tan. Bola meluncur ke gawang, beruntung mantan kiper Semen Padang itu bisa menepis bola.

Duel ketat PSIS vs PSM belum menghasilkan satu gol pun hingga 90 menit waktu berjalan. Pemenang laga ini harus ditentukan dengan adu tendangan penalti.

Di fase ini, PSM lebih unggul. Dua penendang mereka, Hasim Kipuw dan Rasyid Bakri berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Begitu juga dengan Hilmansyah yang sukses menggagalkan dua penendang PSIS.

PSM akhirnya mengunci kemenangan setelah Sutanto Tan berhasil mencetak gol. PSM menang adu penalti 4-2

Susunan pemain

PSIS Semarang: Jandia, Fredyan, Alfeandra, Wahyu, Riyan (Safrudin 56'), Eka (Riski 86'), Finky Pasamba, Fandi Eko, Komarudin (Ado 56' (Soni 86')), Arhan, Hari Nur

PSM Makassar: Hilman, Zulkifli, Erwin Gutawa, Kipuw, Rachman, Arfan, Sutanto Tan, Rasyid Bakri, Rizky Eka (Rifky 76'), Saldy (Wanggai 76'), Yakob Sayuri

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya