On This Day: Kemenangan Fantastis Persipura Lawan Jagoan Thailand

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago
Sumber :
  • Persija Jakarta

VIVA – Kemenangan fantastis diraih Persipura Jayapura di matchday 3 penyisihan Grup H Piala AFC 2011. Mutiara Hitam menggasak jagoan Thailand, Chonburi FC 3-0 di Stadion Mandala, Jayapura, 13 April 2011.

Liga Champions Asia dan Piala AFC Berubah Format Musim Depan, Klub Indonesia Ikut yang Mana?

Yustinus Pae membuka keunggulan Persipura di menit 9. Disusul gol Titus Bonai (43'). Gol Lukas Mandowen (83') menggenapkan kemenangan tim tuan rumah.

Kemenangan ini terasa spesial untuk Persipura. Sebab, ini merupakan debut mereka di Piala AFC.

Piala AFC: Penakluk Bali United Ngamuk, 2 Klub Australia Tembus Final Zona ASEAN

Tak hanya itu, laga melawan Chonburi juga menjadi laga internasional perdana di Stadion Mandala. Sebelumnya, di matchday 2 Piala AFC 2011, Mutiara Hitam menghajar Kingfisher Eastbengal 4-1 di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, 16 Maret 2011. Di Liga Champions Asia 2010, Persipura juga menjadikan SUGBK sebagai kandang.

"Menjadi  tuan rumah pertama untuk laga internasional dan langsung menang. Anak-anak tampil cukup baik, dan kami berhasil menang," kata petaih Persipura, Jacksen F Tiago.

On This Day: Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon Terbang Untuk Pertama Kalinya

Mengenai permainan, kata Jacksen, timnya tampil cukup disiplin sehingga mampu memaksimalkan peluang-peluang yang ada. Gol cepat Tinus Pae juga membuat tim semakin percaya diri. 

Ditanya siapa bintang lapangan kali ini, Jacksen menunjuk ke penonton Jayapura. "Luar biasa dukungan Persipura Mania, ini yang memompa semangat pemain," ucapnya.

Persipura akhirnya lolos ke babak 16 besar sebagai runner up Grup H Dengan 11 poin. Chonburi keluar sebagai juara grup dengan 13 poin.

Di babak 16 besar, Persipura menang agregat 9-2 atas wakil Myanmar, Yangon United. Laju mereka baru terhenti di perempatfinal, usai kalah agregat 4-8 dari Al Kuwait.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya