Pramusim Oke, Menpora Optimistis Liga 1 dan 2 Dapat Izin Polri

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Zainudin Amali, merasa sangat optimistis Kepolisian Republik Indonesia akan memberikan izin keramaian sebagai dasar pelaksanaan Liga 1 dan 2 musim 2021. Itu setelah dia melihat pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang berjalan baik selama Piala Menpora 2021.

Apsumsi Gelar Turnamen Sepakbola Piala Menpora U-13, 16 Tim Bersaing Raih Juara

Pernyataan tersebut diungkapkan Menpora saat mengunjungi Stadion Manahan, Solo, jelang leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 yang mempertemukan Persija Jakarta dengan PSM Makassar, Minggu 18 April 2021. Dia merasa PSSI dan PT LIB sudah menjalankan prokes dengan sempurna sehingga turnamen pramusim ini berjalan lancar dan tak ada satu pun pihak terlibat yang terpapar COVID-19.

"Saya optimistis izin Liga 1 dan 2 akan diterbitkan pihak kepolisian," kata Amali dalam konferensi pers virtual.

Turnamen Street Soccer Piala Menpora 2022 Tuntas, Ini Daftar Juaranya

Politikus Partai Golkar itu mengaku sangat puas terhadap prosedur pemeriksaan yang dilakukan prapertandingan Piala Menpora 2021.

Dia memuji sistem identifikasi orang yang masuk ke stadion. Dimulai dari harus menjalani tes usap antigen. Jika hasilnya negatif, orang tersebut akan diberi gelang oleh panitia dan tidak diperbolehkan keluar dari stadion.

Turnamen Street Soccer Digelar Lagi, Siap Perebutkan Piala Menpora

Amali merasa hal tersebut cukup efektif dalam membatasi dan mengenali orang yang berada di stadion.

"Saya melihat gelang ini berbeda-beda warnanya. Beberapa waktu lalu berwarna biru, pernah juga cokelat, dan sekarang kekuningan. Artinya, tidak mungkin menggunakan gelang hari ini pada hari berbeda," ucap pria asal Gorontalo.

Maka itu, dengan berbagai pertimbangan, Menpora berjanji akan memberi rekomendasi pada Polri sebagai syarat penerbitan izin keramaian agar Liga 1 dan Liga 1 2021 bisa digelar.

Sementara, di sisi lain, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meyakinkan Menpora bahwa pihaknya akan tetap menjaga kualitas prokes yang dijalankan hingga nanti kompetisi resmi dimulai.

Iriawan berkaca dari evaluasi penyelenggaraan Piala Menpora di mana sejak awal hingga kini belum ada pihak terkait yang terpapar COVID-19.

"Kami terus berkomitmen karena turnamen ini jadi pertaruhan untuk terselenggaranya Liga 1 dan Liga 2. Sampai sekarang, semua masih negatif. Tidak ada masalah. Insya Allah kami akan terus menjaganya," tutur mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Sejauh ini, belum ada kejelasan kapan kompetisi akan dimulai. Pasalnya, Polri masih akan mengkaji hasil dari Piala Menpora 2021 sebagai dasar untuk memberikan izin keramaian.

Piala Menpora sendiri sudah mencapai partai final. Persija Jakarta telah memastikan tiket ke laga puncak setelah mengalahkan PSM Makassar 4-3 lewat babak adu penalti.

Penentuan lawan di final baru akan diketahui Senin malam, 19 April 2021, setelah Persib Bandung menghadapi PSS Sleman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya