Catatan Laga Panas Persija Vs Persib di Maguwoharjo dan Manahan

Persija vs Persib
Sumber :
  • tvOne

VIVA –  Persija Jakarta dan Persib Bandung dipastikan bertemu di partai puncak Piala Menpora 2021. Laga ini dipastikan berlangsung panas, bahkan laman Wikipedia menjuluki duel ini Old Indonesia Derby.

Persija Kurang Maksimal saat Kalahkan Persis, Ini Alasannya

Leg pertama berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Duel dihelat Kamis, 22 April 2021 mulai pukul 20.30 WIB.

Setelah itu, Persib dan Persija kembali bertemu dalam duel final leg kedua. Laga panas ini digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu 25 April 2021.

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Ternyata, bukan kali ini saja Maguwoharjo dan Manahan menjadi saksi kerasnya duel Persija vs Persib. Markas PSS Sleman dan Persis Solo ini sempat beberapa kali digunakan di laga Liga Super Indonesia dan Liga 1.

Tensi panas tersaji saat Persija bertemu Persib di Liga Super Indonesia 2013 pada 28 Agustus 2013. Duel di Stadion Maguwoharjo ini berakhir imbang 1-1.

Nick Kuipers: Persib Bandung Harusnya Ungguli Persita 4-0 di Babak Pertama

Photo :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi

Laga ini harus terhenti sejenak di menit ke-20. Terjadi kericuhan antara pendukung Persib dan Persija. Kericuhan bermula saat pendukung Persib masuk ke dalam stadion dan melepas spanduk Persija. Tidak terima melihat tindakan tersebut, pendukung Persija mengejar pendukung Persib.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo mencoba menenangkan massa dengan menyayikan lagu Indonesia Raya. Namun, dia malah salah lirik saat bernyanyi.

"Ya, memang ada insiden kesalahan seperti itu. Itu saya akui, karena manusia tidak ada yang sempurna. Itu terjadi karena semua ingin bernyanyi, tapi terjadi perbedaan permulaan. Saya mengikuti suara di sebelah kanan, karena yang ramai itu suara di sebelah kanan, jadi saya ikuti mereka," kilah Menpora.

Menpora kemudian membantah dirinya melakukan kesalahan dalam menyanyikan lirik lagu Indonesia Raya. Mantan anggota DPR itu mengaku hanya mengikuti ritme irama yang dinyanyikan para penonton.

"Bukan karena saya salah lirik, bukan. Karena itu flow-nya begitu. Dengarkan saja rekamannya. Setelah itu saya coba mengajak nyanyi lagi para penonton bersama-sama dan itu clear semuanya. Tapi, sayangnya video yang diunggah itu di saat saya yang salah," papar Roy.

Persija Menang WO di Manahan
Laga tak kalah panas terjadi saat Persija bertemu Persib di Stadion Manahan, Solo, Jumat 3 November 2017. Laga pekan ke-33 Liga 1 itu berhenti pada menit 83 saat Persija tengah unggul 1-0. Persib akhirnya dinyatakan kalah WO dengan skor 0-3.

Ketika itu manajer Persib, Umuh Muchtar, meminta para pemain menepi. Dia tidak terima wasit Shaun Evans Robert mengganjar Vladimir Vujovic dengan kartu merah.

Kekesalan Umuh bisa jadi merupakan puncaknya. Karena pada babak pertama, gol Persib tidak diakui oleh Shaun. Di menit 29, Ezechiel N'Douassel melepaskan sundulan.

Bola tampak jelas sudah melewati garis gawang dan menyentuh jaring atas gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa. Akan tetapi, Shaun tidak melihatnya.

"Kenapa saya melakukan hal itu bisa melihat dari rekaman. Jangan sampai sembarangan menghukum ya. Kita akan protes yang 100 persen gol itu pula," kata Manajer Persib, Umuh Muchtar.

Atas kejadian itu, ia pun menilai wasit asing asal Australia itu kinerja kepemimpinan di lapangannya lebih buruk daripada daripada wasit lokal. 

"Wasit lokal tidak pernah kejadian seperti itu. Lokal walaupun ada apa-apa tidak akan berani mengambil keputusan seperti itu," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya