AFC Tak Adil, Target Timnas Futsal Indonesia ke Piala Dunia Buyar

Timnas Futsal Indonesia
Sumber :
  • twitter.com/AFFPresse

VIVA – Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) dianggap mengeluarkan keputusan yang tidak adil bagi Timnas Futsal Indonesia. Sebab mereka memutuskan untuk menunjuk langsung negara-negara yang akan menjadi wakil Asia di Piala Dunai Futsal 2021.

Ngeri, Timnas Indonesia Bantai Macau 12-0 di Kualifikasi Piala Asia Futsal

Piala Dunia Futsal 2021 digelar di Lithuania. Karena waktu sudah dekat, akhirnya AFC memutuskan untuk menunjuk langsung Jepang, Iran, dan Uzbekistan sebagai wakil berdasar raihan di Piala Asia 2018 lalu.

Sedangkan sisa dua slot lagi akan diperebutkan oleh empat tim, yakni Thailand, Vietnam, Irak, dan Lebanon. Keempatnya dinilai layak berdasar capaian di Piala Asia 2014, 2016, dan 2018.

Dukung Peningkatan Prestasi Futsal, Beasiswa Bakal Dibagikan ke Pemain Muda Berbakat

AFC mengambil keputusan ini karena Piala Asia 2020 yang seharusnya jadi ajang Kualifikasi Piala Dunia 2021 ditiadakan. Alasannya karena pandemi COVID-19 di Turkmenistan sebagai tuan rumah.

Keputusan AFC ini mengundang protes dari pelatih Timnas Fusal Indonesia, Kensuke Takahashi. Dia menilai ada yang tidak tepat dari kebijakan tersebut.

Masa Depan Timnas Futsal Indonesia Menjanjikan

Yang pertama tentu saja pemilihan Irak sebagai salah satu peserta play-off. Bagaimana mungkin, tim yang tidak lolos ke Piala Asia 2020 malah mendapat kesempatan.

Irak yang tergabung dalam Grup A Kualifikasi Piala Asia 2020 Zona Barat cuma sanggup ada di peringkat keempat. Mereka kalah bersaing dari Kuwait dan Bahrain.

Ditambah lagi terkait dengan penunjukkan Vietnam. Kensuke merujuk fakta pencapaian Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2021 lebih baik, yakni menjadi finalis.

Di fase awal pun, keduanya tergabung dalam Grup B. Timnas Futsal Indonesia menduduki urutan puncak, dan Vietnam sebagai runner up.

"Di dalam empat tim itu, ada Irak yang tidak tampil pada Kualifikasi Piala Dunia, juga ada Vietnam yang di mana Indonesia tidak pernah kalah dari 2018. Peringkat kita di AFF 2019 juga di atas mereka," tulis Kensuke di Instagram pribadinya.

"Sulit untuk diterima bahwa kami tidak punya hak untuk menantang Piala Dunia," imbuh juru taktik asal Jepang tersebut.

Yang kemudian menjadi fokus dari Kensuke adalah mental para pemain Timnas Futsal Indonesia. Karena dia tahu betapa semangatnya para pemain menyambut Piala Asia 2020.

Mereka memiliki target untuk bisa menembus empat besar Piala Asia 2020. Dengan hasil itu, tiket ke Piala Dunia 2021 akan didapatkan.

"Saya pikir para pemain dan staf telah melakukan usah dan memberikan hasil yang pantas untuk tantangan ini."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya