PSSI Tetap Ajukan Izin Liga 1 2021, Bagaimana Polri?

Menpora Zainudin Amali dan Mochamad Iriawan
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Pelanggaran oknum suporter Persija dan Persib membawa kekhawatiran sejumlah pihak.

Budiman Sudjatmiko Dukung Prabowo, Iwan Bule: Saya Keberatan Disebut Devide et Impera

Kasus itu ditakutkan dapat memengaruhi dikeluarkannya izin kompetisi Liga 1 2021 yang rencananya akan bergulir mulai 3 Juli mendatang.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan akan tetap menggelar kompetisi sesuai rencana awal.

Iwan Bule Buka Suara soal Tuduhan Tinggalkan Utang Rp100 Miliar ke PSSI

Saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kemenpora dan mengajukan permohonan izin kepada Asops Kapolri.

Iriawan mengatakan, kompetisi sangat penting untuk pembinaan sepakbola Indonesia. Dia mencontohkan, setelah mati suri selama setahun sebelumnya, banyak pemain yang mengalami penurunan performa.

Apresiasi Iwan Bule untuk Timnas Indonesia U-22 Usai Sabet Emas SEA Games 2023

Hal itu dapat dilihat dalam pertandingan-pertandingan Piala Menpora.

Lebih lanjut, kata Iriawan, bukan cuma pemain yang keteteran, tapi juga wasit karena sudah setahun pula tak memimpin laga.

"Saya pikir kami tetap pada rencana semula. Kami akan ajukan izin Liga 1 dan Liga 2," kata Iriawan usai Rapat Koordinasi Evaluasi Piala Menpora 2021 di Kantor Kemenpora, Selasa 27 April 2021.

"Kasihan suporter yang sudah tertib dan tidak datang ke stadion dirusak karena segelintir oknum. Kami akan ada rapat khusus dengan Menpora soal pengajuan ini. Kami sudah ajukan juga kepada Asops Kapolri. Ini penting untuk pembinaan," jelasnya.

Iriawan menjelaskan, PSSI dan LIB sudah mendapatkan evaluasi dari Menpora Zainudin Amali. Secara keseluruhan, Piala Menpora 2021 berjalan dengan sukses.

"Menpora sudah memberi penilaian terhadap pelaksanaan Piala Menpora, mereka yang menilai, Alhamdulillah sesuai komitmen kami. Kami menjaga protokol kesehatan sehingga jelang akhir pertandingan final semua berjalan lancar, aman, dan tepat waktu," ucapnya.

"Untuk pembinaan suporter, dari departemen suporter PSSI sudah luar biasa. Mereka suporter tidak datang ke stadion. Salut kepada teman-teman suporter yang luar biasa," jelasnya.

Sementara itu, Asisten Operasi Kapolri Inspektur Jenderal Imam Sugianto menyebut terkait izin, Polri sedang melakukan kajian. Polri juga menunggu bagaimana stakeholder sepakbola mengelola para suporternya.

Soal izin, ini akan menjadi kajian, bagaimana mengelola adik-adik suporter. Kami akan tunggu stakeholder, apakah bisa dikelola dengan baik, dan itu yang akan jadi poinnya," ucap Imam Sugianto.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya