Dampak Buruk Jika Liga 1 Kembali Vakum

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.
Sumber :
  • VIVA/Dede Idrus

VIVA – Kompetisi Liga 1 2021 belum menemui kejelasan. Hingga saat ini, PSSI belum juga mengumumkan secara resmi kapan kompetisi Liga 1 bergulir.

Persib Bandung Bertekad Sapu Bersih 2 Laga Sisa

PSSI sebagai induk sepakbola Indonesia memang mengagendakan Liga 1 bergulir 3 Juli 2021. Namun, Federasi masih menunggu izin keramaian dari pihak kepolisian.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, mengatakan ada dua isu penting dalam sepakbola Indonesia yakni izin Liga 1 beserta formatnya. Hal tersebut masih menjadi pertanyaan karena belum ada kejelasan.

Dihajar Persib Bandung, Persebaya Surabaya Siap Bangkit Demi Hindari Degradasi

"Ada dua isu besar di sini. Yang pertama adalah izin, kami diberitahu selama turnamen bahwa liga akan digelar tapi izin belum diberikan hingga sekarang. Isu besar kedua saat ini adalah bagaimana format liga itu sendiri," kata Robert.

Pelatih asal Belanda ini mengaku untuk format kompetisi Liga 1 belum mendapat informasi terbaru. Apakah menggunakan format kandang tandang atau sama seperti di Piala Menpora.

Pengakuan Mengejutkan David Da Silva Usai Hattrick ke Gawang Mantan

"Apakah home and away, atau dasarnya turnamen lagi, evaluasi usai turnamen ini sekarang adalah apa format terbaik untuk sepakbola di Indonesia," terangnya.

Dia juga berharap Liga 1 bergulir musim ini. Jika kembali vakum, kata Robert, sepakbola Indonesia akan tertinggal jauh dari negara lain yang kompetisinya tetap berjalan di tengah pandemi COVID-19.

"Jika tidak memulai liga sekarang maka sepakbola Indonesia semakin tertinggal dari negara lain. Dan itu tentu tidak bagus untuk tim nasional. Jadi kami harus memulai liga. Negara lain bahkan sudah bisa disaksikan oleh penonton lagi sekarang," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya