Timnas Indonesia Mengais Poin Sisa di Kualifikasi Piala Dunia

Latihan perdana Timnas Indonesia Kualifikasi Piala Dunia 2022
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Tim Nasional Indonesia menjalani latihan perdana di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada Sabtu malam 1 Mei 2021.

Prediksi Piala Asia U-23: Timnas Indonesia vs Australia

Skuad Garuda disiapkan menghadapi tiga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G di Uni Emirat Arab (UEA).

AFC sebelumnya telah memilih UEA sebagai lokasi sentralisasi lanjutan Kualifikasi Piala Dunia untuk Grup G.

Hasil Qatar Vs Timnas Indonesia U-23 Dibatalkan karena Protes ke AFC? Begini kata Sang Manajer

Laga terdekat, Indonesia akan melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni.

Photo :
  • Twitter/@PSSI
Klasemen Piala Asia U-23 2024 Usai Timnas Indonesia Ditekuk Qatar

Situasinya sangat menyedihkan, Timnas Indonesia saat ini berada di dasar klasemen Grup G dengan nirpoin.

Lima pertandingan sudah dijalani, lima pertandingan pula Indonesia dihancurkan lawan-lawannya. Malaysia sudah dua kali mempecundangi Indonesia.

Kini, poin maksimal yang bisa diraih Timnas Indonesia adalah sembilan angka dengan catatan menang semua laga sisa. Jika itu bisa diraih meski nyaris mustahil, Indonesia juga belum tentu lolos.

Sebab, yang lolos ke babak selanjutnya hanya juara grup dan runner-up, yang saat ini diisi oleh Vietnam (11 poin) dan Malaysia (9 poin).

Untuk mengais poin yang tersisa, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah memanggil 34 pemain. Pada pemanggilan ini didominasi oleh pemain muda proyeksi SEA Games 2021 mendatang.

Mereka adalah Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Egy Maulana, M Riyandi. Selain itu, juga beberapa nama pemain senior juga ada seperti Evan Dimas, Yanto Basna, Ryuji Utomo, Dendi Sulistyawan, Adam Alis.

Dalam pemanggilan ini juga ada pemain debutan seperti Marc Klok, Altalariq Ballah, Saddam Emiruddin dan Irfan Jauhari.

Para pemain sudah berkumpul tadi malam, meski Shin Tae-yong belum bisa memimpin mereka langsung. Sang pelatih masih dalam perjalanan menuju Tanah Air, dari kampung halamannya di Korea Selatan.

Latihan pun dipimpin asisten pelatih lokal Nova Arianto. Tak ketinggalan, orang nomor satu di PSSI, Mochamad Iriawan hadir untuk menyemangati,

Iriawan mengatakan kepada pemain bahwa mereka adalah pilihan Shin Tae-yong. Ia pun berharap para pemain terus bekerja keras demi hasil maksimal di laga Kualifikasi Piala Dunia Grup G.

"Pemain timnas Indonesia yang mengikuti TC kali ini harus menunjukkan performa terbaik. Apalagi selain menjalani pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022, skuat Garuda juga akan melakukan dua kali uji coba internasional melawan Afghanistan (25/5) dan Oman (29/5)," kata Iriawan.

Shin Tae-yong datang memang saat kondisi Indonesia sekarat di Kualifikasi Piala Dunia. Dari lima pertandingan sebelumnya, Indonesia ditangani Simon McMenemy dan caretaker Yeyen Tumena.

Kualifikasi Piala Dunia nanti akan menjadi laga kompetitif pertama untuk Tae-yong. Jelas, ada banyak harapan yang dititipkan PSSI di pundak mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

"Kami berharap dengan persiapan yang baik, timnas Indonesia dapat meraih hasil maksimal pada tiga laga melawan Thailand, Vietnam, dan UEA. PSSI terus mendukung program pelatih pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi timnas Indonesia," ucapnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya