Lepas Pemain Timnas, Ketum PSSI Harapkan Ini di Kualifikasi PD 2022

PSSI lepas Timnas Indonesia ke UEA
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, melepas para pemain Timnas Indonesia yang akan berlaga di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Uni Emirat Arab. Iriawan berharap skuad Garuda bisa meraih hasil maksimal di tiga laga tersisa.

Pengakuan Erick Thohir dan PSSI soal Kinerja Shin Tae-yong

Kegiatan ini dilakukan PSSI di salah satu hotel di kawasan Jakarta Pusat, Minggu 16 Mei 2021. Iriawan bersama jajarannya memberikan wejangan pada 23 penggawa Merah Putih yang hadir sebelum bertolak ke UEA, Senin dini hari WIB, 17 Mei 2021.

Pada kegiatan tersebut, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menuntut agar Evan Dimas cs tampil semaksimal mungkin meski sudah tak memiliki peluang untuk lolos fase grup. Pasalnya, kemenangan di laga sisa tetaplah sebuah kebanggaan bagi Timnas Indonesia.

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha

"Ini adalah momen yang luar biasa pergi membawa bendera Merah Putih. Kalian punya Garuda di dada. Makanya harus bertempur. Bila perlu sampai tak bisa berjalan lagi. Itu filosofinya," kata Iwan Bule dalam sambutannya.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

"Seluruh pertandingan itu ditonton hampir semua rakyat Indonesia. Jalanan bisa sepi. Kalau kalian bisa menang semua, bisa diarak walaupun tak berpengaruh. Maksimalkan pertandingan kalian. Sebuah kehormatan bila menang," jelasnya.

Meski menuntut tampil maksimal, tapi mantan Kapolda Metro Jaya itu juga sadar dengan kondisi Pratama Arhan cs yang belum sepenuhnya maksimal. Maka itu, dia meminta pada pelatih Shin Tae-yong untuk memperbaiki kondisi fisik pemain.

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha

"Masih ada waktu, minta dilengkapi ke pelatih seperti fisik dan stamina. Karena laporan dari pelatih kepada saya, kalian masih 50 persen fisiknya karena makanan terbatas saat puasa. Tak salah karena agama, tapi alhamdulillah masih ada waktu karena pertandingan resmi kurang lebih masih 10 hari," kata Iriawan.

Di sisi lain, Shin Tae-yong juga membeberkan kiat-kiatnya dalam memaksimalkan sisa waktu untuk menggenjot fisik pemain.

"Waktu satu sampai dua minggu peningkatan fisik tak begitu gampang, kami akan lihat juga kondisi pemain. Kalau terlalu over bisa terjadi cedera. Jadi mungkin gak sampai over tapi maksimal akan ditingkatan fisik nanti cari solusinya," ucap pelatih asal Korea Selatan.

Timnas Indonesia akan menjalani tiga laga sisa di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Skuad Garuda akan menghadapi Thailand (3/6), Vietnam (7/6), UEA (11/6).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya