Sadarlah Bobotoh dan Jakmania! Ini Demi Kelancaran Liga 1 dan Liga 2

Suporter Persib Bandung, Bobotoh.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi/ama.

VIVA – Sinyal positif diberikan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk izin Liga 1 dan Liga 2 musim 2021. Surat izin keramaian kemungkinan besar dikeluarkan pada Kamis 27 Mei 2021.

Polri Bakal Keluarkan Red Notice 2 Tersangka TPPO Ribuan Mahasiswa ke Jerman

Ha itu diungkapkan oleh Asisten Operasi (Asops), Irjen Pol. Imam Sugianto, seusai rapat koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, PSSI, serta PT Liga Indonesia Baru (LIB).

“Perizinan sudah diproses LIB dan surat masuk sebelum puasa. Paling lambat 27 Mei 2021 surat izin penyelenggaraan keramaian sudah bisa kami keluarkan. Masih akan dilengkapi, wilayah-wilayah penyelenggaraan Liga 1 dan 2,” kata Imam Sugianto.

Hasil Liga 1: Persib Ditahan Imbang Bhayangkara FC, 5 Gol Striker Persik

Jakmania konvoi kemenangan Persija

Photo :
  • VIVA / Willibodus (Jakarta)

Namun, sebelum izin itu dikeluarkan. Polri memberikan peringatan kepada suporter. Khususnya pendukung Persija Jakarta, Jakmania dan fans Persib Bandung, Bobotoh.

Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional

Imam Sugianto menegaskan, pihaknya tak mau lagi ada insiden yang terjadi seperti di Piala Menpora. Yang mana, kelancaran event pramusim tersebut dinodai aksi tidak terpuji sejumlah oknum Jakmania dan Bobotoh.

Sejumlah Jakmania, tumpah ruwah menggelar pawai di Bunderan HI, Jakarta. Mereka merayakan keberhasilan Macan kemayoran menjadi juara Piala Menpora 2021, usai mengalahkan Persib di final dengan agregat 4-1.

Sementara, Bobotoh melempari kantor Persib dan merazia kendaraan yang dari Jakarta. Mereka melakukan tindakan tersebut karena kecewa tim kesayangannya gagal juara. 

Imam mengingatkan agar Liga 1 dan Liga 2 bisa berjalan sukses dan sesuai jadwal, maka kejadian seperti itu tidak boleh terjadi lagi.

“The Jakmania dan para suporter waktu itu, mohon kasusnya jangan terulang. Mohon jadi pelajaran berharga sehingga penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 tak kontraproduktif. Semoga bisa dikelola dengan baik," ucap Imam.

Konvoi Jakmania atas kemenangan Persija di Piala Menpora

Photo :
  • VIVA / Willibodus (Jakarta)

Liga 1 rencananya akan dimulai antara 3 sampai 7 Juli mendatang. Sedangkan, untuk Liga 2 dilaksanakan dua pekan setelah digelarnya kompetisi sepakbola kasta nasional itu.

PSSI sudah merancang format kempetisi. Seluruh pertandingan Liga 1 bakal dilaksanakan di Pulau Jawa, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Sementara untuk Liga 2, bakal dibagi ke beberapa wilayah yang ada di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya