5 Duel Timnas Indonesia Vs Oman, Panas dan Menegangkan

Skuad Timnas Indonesia saat melawan Afghanistan di laga uji coba.
Sumber :
  • Twitter/@PSSI

VIVA – 11 tahun tak bersua, Timnas Indonesia akhirnya kembali bertemu dengan Oman. Pertemuan kedua tim dijawalkan berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab, Sabtu 29 Mei 2021.

Timnas Indonesia Moncer! Bung Towel Tetap Kasih Nilai Jeblok ke STY: 6,5 dari 10

Indonesia dan Oman sama-sama sudah memanaskan mesin jelang pertemuan besok.  Indonesia kalah dari Afghanistan dengan skor 2-3, Selasa kemarin. 

Di tempat terpisah, Oman berhasil mengalahkan Thailand 1-0 melalui gol tunggal Abdulaziz Al-Muqbali.

Prediksi Piala Asia U-23: Korea Selatan vs Timnas Indonesia

Photo :
  • PSSI

Duel Indonesia kontra Oman didaftarkan sebagai laga FIFA  Match. Dengan status itu maka akan ada poin yang dipertaruhkan. Kemenangan bisa memperbaiki posisi Indonesia di rangking FIFA, begitu juga sebaliknya.

Mengganas di Piala Asia, Timnas Indonesia U-23 Jadi Perbincangan di Qatar

Indonesia dan Oman tercatat sudah lima kali bertemu, baik di laga resmi maupun duel persahabatan. Pertama kali kedua tim bentrok pada 1987 dalam turnamen King's Cup yang berlangsung di Thailand.

Timnas Indonesia yang saat itu dinamakan Galatama XI tampil ganas. Mereka menang 2-0 atas Oman di fase grup dan lolos ke semifinal.

Timnas Indonesia kembali mempecundangi Oman setahun kemudian pada ajang yang sama. Kali ini lebih ganas, Indonesia menang tiga gol tanpa balas.

Lama tak bersua, Indonesia baru kembali menghadapi Oman pada uji coba jelang Piala Asia tahun 2007 lalu. Dalam duel yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Indonesia menyerah 0-1.

Dua tahun berselang, atau tepatnya pada 2009, Indonesia dan Oman kembali berhadapan. Kali ini dalam ajang Kualifikasi Piala Asia 2011.

Indonesia bertandang ke Stadion Sultan Qaboos Sports dan berhasil membawa poin satu setelah memaksa laga imbang tanpa gol. Namun, saat duel kedua di kandang, Indonesia harus takluk 1-2 dari Oman.

Duel tersebut berlangsung di SUGBK, 6 Januari 2010 yang dipimpin wasit Subkhiddin M Saleh (Malaysia). Dua gol Oman dicetak Bait Doorbeen Fawzi menit ke-31 dan Ismail Sulaiman menit ke-52. 

Satu-satunya gol Indonesia dilesakkan striker Boas Solossa menit ke-44. Hasil itu membuat Indonesia tersingkir di babak penyisihan.

Dari lima kali main, Indonesia tidak pernah menang. Charis Yulianto cs seri tiga kali dan kalah dua kali. Perolehan tiga poin itu menempatkan Indonesia di dasar klasemen.

Nah, pada pertemuan terakhir itu, ada momen menarik yang tak pernah terlupakan pecinta sepakbola nasional. Yakni, suporter bernama Hendri Mulyadi masuk ke lapangan karena kesal Timnas Indonesia kalah.

Mengenakan baju merah, celana panjang cokelat dan tanpa alas kaki, dia langsung menghampiri bola dan menggiringnya. Tampaknya, Hendri ingin 'membantu' Timnas Indonesia yang saat itu susah sekali mencetak gol.

Namun, aksinya di depan gawang tidak berhasil. Kiper Al Habsi berhasil menangkap bola tendangannya. Dan, Hendri pun ditangkap petugas keamanan, kemudian digiring ke luar lapangan.

Head to Head Timnas Indonesia Vs Oman, dilansir 11v11:

Indonesia 2 - 0 Oman – King's Cup 1987
Indonesia 3 - 0 Oman – King's Cup 1988:
Indonesia 0 - 1 Oman – Uji Coba 2007:
Indonesia 0 - 0 Oman – Kualifikasi Piala Asia 2009:
Indonesia 1-2 Oman – Kualifikasi Piala Asia 2010:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya