Kemenangan Malaysia Atas Timnas Indonesia Akan Dihapus FIFA

Timnas Indonesia takluk saat melawan Timnas Malaysia pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis 5 September 2019
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – FIFA baru saja mengeluarkan keputusan terbaru untuk tim-tim yang tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Timnas Indonesia Moncer! Bung Towel Tetap Kasih Nilai Jeblok ke STY: 6,5 dari 10

Federasi sepakbola dunia itu akan menghapus kemenangan dari runner up setiap Grup A hingga H saat melawan tim yang finis sebagai juru kunci.

Penyebabnya lantaran keputusan Timnas Korea Utara yang mundur dari Kualifikasi. Korut mundur karena tingginya kasus COVID-19 yang masih tersebar di berbagai negara.

Prediksi Piala Asia U-23: Korea Selatan vs Timnas Indonesia

Pemerintah Korut khawatir dengan perginya tim nasional untuk melakoni laga lanjutan kualifikasi dapat mendatangkan virus.

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Mengganas di Piala Asia, Timnas Indonesia U-23 Jadi Perbincangan di Qatar

Keputusan tersebut terbilang mengejutkan lantaran Korut tampil luar biasa dan masih memiliki peluang lolos ke putaran ketiga kualifikasi.

Dari empat pertandingan yang telah dijalani, Korut mengumpulkan delapan poin, usai mencatatkan 2 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 1 kekalahan.

Tapi, keputusan telah diambil, dan FIFA juga telah mengeluarkan aturan baru. Keputusan FIFA ternyata bukan berdampak pada Grup H saja, melainkan semua grup yang ada.

Adapun keputusan FIFA yakni poin Korut yang sudah didapatkan bakal hangus. Grup H yang sebelumnya diisi Korut, kini terdiri dari 4 tim dan seluruh poin yang didapatkan tim lain saaat melawan Korut pun tidak dihitung

Selain itu, FIFA dalam keputusan lanjutannya menyatakan: Seluruh pertandingan antara runner up dan peringkat lima (juru kunci) grup A hingga H tidak dihitung poinnya.

Kemudian, penentuan runner up terbaik akan ditentukan lewat 5 kriteria, yaitu poin, selisih gol, jumlah gol memasukkan, fairplay, dan drawing.

Nah sebagai contoh, saat ini Timnas Indonesia sedang berada di urutan paling bawah Grup G sedangkan peringkat kedua dihuni oleh Timnas Malaysia.

Timnas Malaysia telah dua kali menghadapi Timnas Indonesia dan berhasil memboyong enam poin dari dua laga tersebut.

Jika posisi tersebut tidak berubah hingga akhir kualifikasi, Malaysia harus bersiap-siap kehilangan enam poin dari Indonesia.

Namun, aturan ini tidak merugikan kok. Penghapusan ini dilakukan setelah Timnas Malaysia atau tim lainnya memastikan diri finis di posisi kedua.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman/pd.

Setelah itu barulah enam poin hasil kemenangan atas Timnas Indonesia akan dihapus begitu pun tim dari grup lainnya yang mampu menempati runner up.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya