Surat Izin Liga 1 dan 2 Belum Diterbitkan, Ini Kata Polri

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono.
Sumber :
  • ANTARA/Laily Rahmawaty/am.

VIVA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sedang memproses penerbitan izin keramaian pertandingan sepak bola Liga 1 dan Liga 2 Indonesia yang direncanakan sebelumnya terbit pada Kamis, 27 Mei 2021. Tentu, informasi terkait ini akan disampaikan ke publik jika sudah ada keputusan.

Pembunuh Wanita Hamil Ditangkap, Kabur ke Lampung

"Sedang proses. Nanti kalau ada perkembangan pasti akan saya sampaikan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono saat dihubungi wartawan pada Jumat, 28 Mei 2021.

Namun, Rusdi belum bisa menjelaskan secara detil kenapa proses izin keramaian belum juga diterbitkan. Karena, Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto sedang mendampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kunjungan kerja ke Papua.

Panji Gumilang Gugat Status Tersangka TPPU, Ini Kata Polri

"Tunggu perkembangan ya. Nanti pasti akan disampaikan," ujarnya.

Rencananya, PSSI akan menggelar pertandingan sepak bola Liga 1 2021-2022 mulai awal Juli 2021, antara tanggal 3 sampai 7 hingga Maret 2022. Sementara, Liga 2 akan bergulir 14 hari setelah sepak bola Liga 1 dan diproyeksikan berakhir pada Desember 2021.

Anjing Pelacak Juga Dikerahkan Amankan Sidang Putusan Pilpres di MK, Polri Ungkap Alasannya

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, menyatakan izin keramaian untuk Liga 1 dan Liga 2 bakal segera keluar. Hanya saja, masih menunggu kepulangan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dari Papua.

Seperti diketahui, Menpora telah melakukan rapat koordinasi dengan sederet pemangku kepentingan mulai dari Polri, BNPB, PSSI, dan LIB. Rapat digelar Senin lalu, dan pihak Polri diwakili oleh Asops Kapolri Irjen Polisi Imam Sugianto.

Politikus asal Gorontalo meyakini jika izin tetap akan dikeluarkan. Hanya saja, waktunya yang memang sedikit tertunda.

"Soal izin, saya kira komitmen Polri sudah sangat jelas. Saya yakin Polri akan segera keluarkan itu (izin) tapi sekarang belum memungkinkan karena Kapolri dan Asops ada di Papua," kata Amali dalam konferensi pers di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis 27 Mei 2021.

"Saya yakinkan kepada seluruh masyarakat bahwa izin kompetisi Liga 1 dan Liga 2 pasti akan dikeluarkan tinggal tunggu waktu. Kita tunggu Kapolri kembali dari Papua," jelasnya.

Lebih lanjut, Amali juga menegaskan jika Polri sudah berkomitmen untuk mendukung terselenggaranya kompetisi sepakbola Indonesia. Maka itu, dia sangat yakin perizinan bakal keluar dalam waktu dekat.

"Sudah tak ada masalah lagi. Izinnya Insya Allah akan keluar, hanya tinggal tunggu waktu saja," tutur Amali. Rencananya, Liga 1 akan digulirkan antara tanggal 3 hingga 7 Juli 2021. Sementara, Liga 2 akan dimulai 14 hari setelah Liga 1 dimulai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya