Punya Jabatan Penting, Sosok Ini Tak Hadir di Kongres PSSI 2021

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat Kongres Tahunan 2021
Sumber :
  • VIVA / Robbi Yanto

VIVA – Kongres PSSI 2021 resmi dibuka Menteri pemuda dan olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Kongres berlangsung di salah satu hotel di kawasan Jakarta, Sabtu 29 Mei 2021. Ada dua agenda utama yang dibahas dalam kongres ini.

Penetapan Kongres Tahunan PSSI dan Rencana Wasit Jepang serta Inggris di Liga 1

Pertama, memaparkan laporan pelaksanaan program PSSI tahun 2020 dan rencana program PSSI tahun 2021. Selain itu juga ada pengesahan anggota baru.

Kongres dihadiri lengkap dari 87 pemilik suara. Terdiri dari 34 Asprov di seluruh Indonesia, 18 Klub Liga 1, 16 Klub Liga 2, 16 Klub Liga 3, dan 3 Asosiasi.

Pesan Edy Rahmayadi untuk Ketum PSSI Baru: Fokus, Jangan Kerjakan Tugas yang Lain

Dari PSSI, terlihat Ketua Umum, Mochamad Iriawan, jajaran Komite Eksekutif dan Sekretaris Jenderal. Namun, ada dua sosok yang memiliki jabatan penting tidak hadir dalam kongres ini.

Mereka adalah Cucu Somantri dan Pieter Tanuri. Cucu merupakan Wakil Ketua Umum sekaligus anggota Exco PSSI. Sedangkan Pieter adalah anggota Exco.

LIB: Liga 2 Kembali Bergulir 24 Februari 2023, Tapi...

Belum jelas apa yang menjadi penyebab keduanya tidak hadir. Padahal, kabar terakhir, Cucu dijelaskan masih berstatus sebagai Waketum PSSI.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi. "Pak Cucu Somantri masih punya jabatan di PSSI. Sejauh ini belum ada perubahan," kata Yunus Nusi saat dikonfirmasi wartawan.

“Kalau untuk itu (hadir di kongres tahunan) saya tidak tahu, langsung saja kontak Pak Cucu Soemantri,” ucapnya.

Cucu di awal periode PSSI 2019-2023 sangat aktif dan hampir selalu nongol di depan publik. Dia aktif mewakili PSSI dalam beberapa kunjungan dan intens memberikan keterangan kepada media.

Hingga akhirnya, Cucu dinilai melakukan blunder fatal. Momen itu terjadi pada April 2020, ketika Ratu Tisha Destria mundur dari jabatannya sepabai Sekjen PSSI.

Cucu ketika itu menyebut pengganti Ratu Tisha adalah Maaike Ira Puspita, wanita yang berstatus adik ipar Iriawan. Pernyataan Cucu pun menuai banyak reaksi. Mochamad Iriawan bahkan sampai menegurnya.

Kemudian anggota Exco, Haruna Soemitro, menyebut dirinya ngalor ngidul. Sejak saat itulah Cucu tak terlihat lagi.

Kini, delapan bulan Cucu tak pernah nampak. Dan saat PSSI bolak-balik mengunjungi Menpora Zainudin Amali serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit, untuk mengurus izin Liga 1, Cucu juga tak pernah hadir.

Berkali-kali, sang Ketum Mochamad Iriawan hanya didampingi Yunus Nusi dan Iwan Budianto yang juga berstatus sebagai Wakil Ketua Umum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya