Bantai Indonesia, Timnas Vietnam Diadang Misi Berat Lolos Piala Dunia

Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Hasil positif ditorehkan Timnas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. The Golden Stars menghajar Timnas Indonesia 4-0  di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin 7 Juni 2021.

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Indonesia berhasil menahan gempuran Vietnam di babak pertama. Namun, 45 menit kedua menjadi milik Vietnam. Pasukan Park Hang-seo empat kali membuat Nadeo Argawinata memungut bola dari gawangnya.

Empat gol Vietnam dicetak Nguyen Tien Linh menit ke-51, Nguyen Quang Hai 62', Nguyen Cong Phuong 67', dan Vu Van Thanh pada menit ke-74.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Hasil ini mendekatkan mimpi Vietnam lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya. Mereka memimpin klasemen Grup G dengan 14 poin dari 6 pertandingan.

Meskipun demikian, jalan terjal harus dilalui Vietnam. Mereka kehilangan gelandang andalan, Nguyen Quang Hai yang terkena akumulasi kartu kuning. Quang Hai dipastikan absen saat bersua Malaysia, 11 Juni 2021 mendatang.

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

"Kami menyiapkan skenario berbeda. Kami memiliki dua skenario untuk setiap posisi dan bisa membuat perubahan jika dibutuhkan," kata pelatih Vietnam, Park Hang-seo dilansir VN Express.

Vietnam masih memiliki dua laga sisa di putaran kedua. Mereka akan menghadapi Malaysia pada 11 Juni, lalu melawan UEA pada 15 Juni. Vietnam setidaknya butuh tujuh poin tambahan untuk melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia, sekaligus lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Di putaran ketiga nanti, 12 tim dibagi menjadi dua grup. Hanya dua tim teratas masing-masing grup yang lolos langsung ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Dua tim di posisi ketiga akan melakoni satu laga hidup-mati. Pemenang duel ini akan tampil di partai playoff antarkonfederasi untuk memperebutkan tiket tersisa ke Piala Dunia.

Sejauh ini, baru dua tim yang memastikan tiket ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia. Mereka adalah Suriah dari Grup A dan Jepang yang menjuarai Grup F.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya