Percaya Proses, Timnas Vietnam Butuh 5 Tahun untuk Sengeri Sekarang

Timnas Indonesia dihancurkan Vietnam 0-4
Sumber :
  • AFC

VIVA – Timnas Vietnam merajut mimpi untuk lolos ke Piala Dunia kali pertama. The Golden Stars  memimpin Grup G Kualifikasi Piala Dunia zona Asia dengan 14 poin dari 6 pertandingan.

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2027

Hasil yang diraih Vietnam saat ini tak diraih dengan instan. Setidaknya, dalam lima tahun terakhir, mereka mampu konsisten berprestasi. Secara bertahap, Vietnam meraih hasil gemilang di level Asia Tenggara, Asia, dan dunia.

Lima tahun silam, tepatnya pada 2016, Indonesia masih bisa menaklukkan Vietnam. Itu terjadi di semifinal Piala AFF 2016 yang menggunakan format dua leg.

Legenda Manchester United Ikut Buka Suara Soal Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Disebut Sukses

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Leg pertama di Stadion Pakansari Bogor, Indonesia menang 2-1, pada 3 Desember 2016. Dua gol Indonesia yang ditukangi Alfred Riedl dicetak Hansamu Yama (7') dan Boaz Solossa 50'). Vietnam membalas berkat gol Nguyen Van Quyet (17').

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Indonesia mampu menahan imbang Vietnam 2-2 lewat babak tambahan, dalam leg 2 yang berlangsung di My Dinh National Stadium, pada 7 Desember 2016. Indonesia pun melaju ke final dengan agregat 4-3.

Setelah kekalahan tersebut, Vietnam dengan cepat berbenah. menunjuk pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo. Dia merupakan asisten pelatih Guus Hiddink yang menukangi Korsel di Piala Dunia 2002.

Photo :
  • Bongda

Ternyata kehadiran Hang-seo menjadi titik balik bagi Vietnam. Mereka lolos ke Piala Asia 2019, ini kali pertama mereka lolos sejak 2007. 

Hang-seo juga menukangi Vietnam U-22. Dia membawa Vietnam melaju hingga semifinal Asian Games 2018 dan menempati posisi keempat untuk kali pertama dalam 56 tahun terakhir.

Prestasi Vietnam berlanjut di Piala AFF 2018. The Golden Stars menjadi juara untuk kali kedua usai menekuk Malaysia dengan agregat 3-2.  Hang-seo cukup berani dengan mengorbitkan pemain muda Vietnam. Pemain yang memperkuat Tim U-22 juga dipercaya tampil di level senior.

Di Piala Asia 2019, Vietnam melaju ke perempat final, sebelum dikalahkan Jepang 0-1. Prestasi berlanjut dengan merebut medali emas SEA Games 2019. Vietnam menekuk Indonesia 3-0 dalam laga final di Rizal Memorial Stadium, 10 Desember 2019.

Kini, Vietnam tengah merajut asa lolos ke Piala Dunia untuk kali pertama. Mereka memimpin Grup G Kualifikasi Piala Dunia zona Asia dengan 14 poin dari 6 pertandingan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya