4 Ajang Penebusan Dosa Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Mungkin terlalu cepat untuk menagih perubahan Timnas Indonesia di bawah pimpinan Shin Tae-yong pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Hasil tiga laga yang dipimpinya tak jauh berbeda dari lima pertandingan Timnas Indonesia sebelumnya di ajang tersebut. Cuma sekali imbang, dan dua lagi hancur terbantai,

Angin segar sempat dihembuskan Timnas Indonesia kala menghadapi Thailand di Al-Maktoum Stadium, Uni Emirat Arab, 3 Juni 2021 kemarin. Skuad Garuda berhasil mengimbangi raja Asia Tenggara 2-2.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Namun, pada dua laga terakhir, Indonesia benar-benar tak berdaya. Selain dibantai oleh Uni Emirat Arab 0-5, Timnas Indonesia dihajar oleh Vietnam 0-4.

6 Tim Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Gimana Peluang Timnas Indonesia?

Posisi Indonesia pun tak berubah di dasar klasemen Grup G, Indonesia cuma bisa mengumpulkan 1 poin dari 8 kali bertanding.

Dari tiga laga yang dipimpin Shin Tae-yong pada Kualikasi Piala Dunia 2020 zona Asia, Timnas Indonesia kebobolan sebanyak 11 kali. Sebaliknya, Evan Dimas Darmono cs cuma 2 kali menjebol gawang lawan.

Shin Tae-yong mengaku tak puas dengan hasil yang didapat anak asuhnya. Namun, dia menjanjikan harapan baru yang cerah untuk Merah Putih ke depannya.

“Jujur kami tidak puas dengan penampilan kami selama babak kualifikasi ini. Padahal kami sudah melakukan persiapan dan latihan dengan baik. Kami juga banyak kalah dalam pengalaman bertanding," kata Shin Tae-yong.

“Kita punya banyak pemain muda, sepak bola Indonesia punya harapan besar disitu, karena semua pemain muda. Seharusnya kami bisa lebih baik lagi, tapi pasti kedepannya tentu lebih baik, saya yakin itu," sambungnya.

Kini, skuad Garuda sudah pulang ke Tanah Air usai menjalani momen menyesakkan di UEA. Mereka tiba di Jakarta pada Sabtu, 12 Juni 2021 malam.

Lantas, ajang apa lagi yang akan dilalui Shin Tae-yong sebagai penebus dosa untuk Timnas Indonesia?

Sejauh ini yang sudah pasti adalah playoff Piala Asia 2023 pada September/Oktober dan Piala AFF 2020 di akhir tahun 2021.

Lalu, Shin Tae-yong juga akan memimpin Timnas U-23 di  Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 yang kemungkinan akan digelar pada 23-31 Oktober. Lalu pada akhir tahun akan ada agenda SEA Games 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya