Playoff Kualifikasi Piala Asia, Siapa Calon Lawan Timnas Indonesia?

Pertandingan Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab di Kualifikasi Piala Dunia 2022
Sumber :
  • Twitter/@PSSI

VIVA – Kiprah Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia sudah tamat. Skuad Garuda terbenam di dasar klasemen Grup G dengan catatan satu poin dari delapan pertandingan.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

Meskipun demikian, Indonesia masih memiliki peluang tampil di Piala Asia 2023 yang berlangsung di China. Sebagai juru kunci, tim besutan Shin Tae-yong harus tampil di babak playoff sebelum tampil di putaran ketiga kualifikasi Piala Asia.

Playoff kualifikasi Piala Asia akan diikuti 11 tim terburuk di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Rencana awal, babak ini diikuti 12 tim. Namun, komposisi berubah usai Korea Utara mundur dari kualifikasi karena ketakutan terhadap COVID-19.

Prediksi Piala Asia U-23: Yordania vs Timnas Indonesia

11 tim yang tampil di playoff adalah empat tim terburuk yang menempati posisi keempat di kualifikasi Piala Dunia. Lalu, ditambah tujuh tim yang menempati posisi kelima atau juru kunci di masing-masing grup.

Photo :
  • Instagram/@pssi
Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Sejauh ini, sudah ada enam tim yang dipastikan tampil di playoff. Selain Indonesia, ada Nepal, Sri Lanka, Guam, Taiwan, dan Kamboja.

Tersisa lima tim yang akan tampil di playoff. Semuanya akan terjawab usai laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia hari ini, Selasa 15 Juni 2021.

10 tim akan tampil di ronde pertama. Satu tim terburuk langsung ditempatkan di ronde kedua.

Lima tim yang menang di ronde pertama akan lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Asia. Tim yang kalah masih mendapatkan kesempatan tampil di ronde kedua. Ada tiga tim yang lolos, sehingga total delapan tim melenggang dari babak playoff.

Playoff akan menggunakan sistem kandang dan tandang. Ronde pertama berlangsung pada 2 dan 7 September. Sedangkan ronde kedua berlangsung pada 7 dan 12 Oktober 2021.

Tim yang tampil di playoff kualifikasi Piala Asia 2023: Nepal, Sri Lanka, Guam, Taiwan, Kamboja, Indonesia, (lima tim menyusul)

Tim yang sudah lolos ke Piala Asia 2023:  China, Jepang, Suriah, Qatar, Korea Selatan, Australia

Tim yang tampil di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023: Filipina, Kuwait, Bahrain, Thailand, Malaysia, Turkmenistan

Tim yang tampil di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022: Suriah, Australia, Jepang, Korea Selatan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya