Anies Baswedan Memamerkan Kecanggihan Jakarta International Stadium

Suasana proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.

VIVA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan membeberkan kecanggihan Stadion Jakarta Internasional Stadium (JIC). Anies Baswedan mengungkapkan, bahwa stadion ini menggunakan atap yang bisa buka tutup.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

"Hari ini kita menyaksikan satu milestone penting di dalam pembangunan Jakarta internasional stadium," kata Anies di lokasi JIC, Jakarta Utara, Rabu, 16 Juni 2021.

"Salah satu yang unik dari stadion ini adalah dibangun dengan menggunakan atap dan atapnya bisa buka tutup, retractable roof, atap buka tutup," lanjut mantan Menteri Pendidikan Nasional tersebut.

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Anies menuturkan, bahwa pemasangan rangka dilakukan hari ini. Dan rangka ini merupakan kerangka terpanjang 270 meter dan berat 3.900 ton dalam satu rangkaian diangkat bersamaan.

"Kalau atap besar tapi di konstruksinya di atas itu sudah banyak yang mengerjakan tapi ketika rangkaian di bawah lalu kemudian diangkat ke atas secara bersamaan ini adalah yang terbesar dan terberat yang pernah dilakukan," ujarnya.

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

"Bukan hanya di Indonesia tapi di dunia. 3900 ton itu kira-kira sama dengan mengangkat 2.430 mobil Kijang Innova. Bayangkan ada 2.430 mobil Innova di angkat bersama-sama ketinggian 70 meter," ungkapnya.

Photo :
  • VIVA / Syaefullah

Lebih lanjut, kata dia, ini adalah sebuah proses engineering yang kompleks dan membutuhkan kompetensi amat tinggi, presisi yang tinggi, dan ketekunan serta keseriusan persiapan yang luar biasa.

"Kita menyaksikan ada sekitar 800 sampai 1.000 orang yang terlibat di dalam proses penyiapan rangka ini sampai naik ke atas," katanya.

"Ini menggunakan hydraulic Jack. Ada 16 titik yang mengangkat secara bersamaan dan saat ini satu-satunya di Asia yang ada untuk melakukan pengangkatan atap besar dan sekompleks seberat, ada di Jakarta International Stadium," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya