Lemparan Maut Timnas Indonesia Gabung Klub K-League 1?

Pratama Arhan
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno (tvOne/ANTV)

VIVA – Bek kiri PSIS Semarang, Pratama Arhan sedang naik daun usai penampilannya setahun belakangan ini. Kini, dia digosipkan diminati klub K League 1, Seongnam FC. 

Tak Bisa Main Lawan Australia, Ivar Jenner Ucapkan Sesuatu soal Kartu Merah

Pratama Arhan pertama kali mengundang perhatian pecinta sepakbola kala dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk Timnas U-19 persiapan Piala Dunia U-20 yang awalnya digelar tahun ini di Indonesia. 

Namun, ajang tersebut dibatalkan dan ditunda ke tahun 2023. Arhan kemudian kembali dipercaya Shin Tae-yong masuk pemusatan latihan Timnas U-22 untuk persiapan SEA Games 2021

Justin Hubner Jadi Cadangan, Ini Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 Vs Australia

Puncaknya, Arhan dibawa Shin Tae-yong masuk skuad Timnas senior untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia awal Juni 2021 kemarin.

Hebatnya lagi, pemain berusia 20 tahun itu selalu tampil penuh bersama Timnas Indonesia melawan Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 Vs Australia U-23, Nathan Tjoe-A-On Jadi Starter

Di level klub, pemain yang memiliki lemparan maut itu tampil empat kali di Piala Menpora 2021. Dari penampilannya tersebut, Arhan mencetak dua gol dan satu assist.

Atas penampilannya itu, Arhan pun kini masuk dalam rumor transfer luar negeri. Tak tanggung-tanggung, pemain kelahiran Blora, Jawa Tengah, itu santer diisukan tengah menjadi incaran Seongnam FC. 

Klub kasta teratas sepakbola Korea Selatah itu dikabarkan sedang mencari tambahan pemain di bek sayap.

Arhan masuk radar karena Liga Korea (K League 1 dan K League 2) memang punya kuota khusus untuk pemain ASEAN.

Menanggapi rumor itu, CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, menyambut positif dan memberikan dukungan pada pemainnya. Dia tak akan menghambat Arhan jika memang ada tawaran ke luar negeri.

"Bagus dong, membanggakan. PSIS akan mendukung Arhan bermain di Korea Selatan. Kami terbuka untuk itu," kata Yoyok saat dihubungi wartawan.

"Rumornya kan begitu ya. Untuk pembicaraan atau tawaran resmi belum ada. Sekarang enggak usah berandai-andai dulu. Yang jelas Arhan punya kontrak di PSIS sampai tahun 2024," sambungnya.

Jika benar, Arhan akan menyusul Asnawi Mangkualam yang telah lebih dulu bermain di Korea Selatan. Mantan pemain PSM Makassar tersebut gabung klub K-League 2, Ansan Greeners.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya