Guru Sekaligus Penghancur Shin Tae-yong Didekati Timnas India

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo
Sumber :
  • the-afc.com

VIVA – Pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo dikabarkan sedang diminati Timnas India. Dia diproyeksikan untuk menggantikan posisi pelatih asal Kroasia, Igor Stimac.

PSSI Buka Suara soal Nilai Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia hingga 2027

Park Hang-seo saat ini masih menjabat sebagai pelatih Timnas Vietnam. Kontraknya baru akan berakhir pada Desember 2022 mendatang.

Namun, karena kesuksesannya bersama Timnas Vietnam, Asosiasi SepakBola India (AIFF) dikabarkan telah memasukan nama Park Hang-seo sebagai kandidat pelatih baru.

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

Photo :
  • Fox Sports Asia

AIFF sebagai 'PSSI-nya' India disebut tidak puas dengan kinerja Igor Stimac. Blue Tigers gagal lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Kata PSSI Usai Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Timnas India hanya mampu duduk di posisi ketiga dengan koleksi tujuh poin dari delapan laga. Dikabarkan thethao247, masuknya Park Hang-seo dalam radar India membuat fans Vietnam terkejut

"Menurut informasi dari banyak situs berita terkenal di India, AIFF telah membuat daftar kandidat yang mereka siapkan untuk duduk di kursi tim nasional India," tulis thethao247.

"Terutama, daftar di atas menyebutkan pelatih kepala tim nasional Vietnam, Pelatih Park Hang Seo. Informasi ini membuat banyak fans Vietnam terkejut," sambung pernyataan itu.

Park Hang-seo memang telah memberi warna berbeda dalam skuad Timnas Vietnam sejak didatangkan pada Januari 2018 lalu.

Dia berhasil membawa Timnas Vietnam U-23 sebagai runner up di Piala Asia U-23 2018 lalu. Di tahun yang sama, dia membawa Timnas Vietnam senior menjuarai Piala AFF.

Bukan cuma itu, Park Hang-seo mengantarkan Vietnam di peringkat empat cabang sepakbola pada Asia Games 2018 di Indonesia.

Kemudian Park Hang-seo mempersembahkan medali emas pada SEA Games 2019 Filipina untuk timnas Vietnam U-23.

Dalam ajang tersebut, Vietnam menghancurkan harapan Indonesia U-23 di laga final dengan skor telak 3-0.

Terbaru, Park Hang-seo membuat Indonesia kembali hancur. Dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Al-Maktoum Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab, 7 Juni 2021, Vietnam membantai Indonesia 4-0.

Park Hang-seo merupakan pelatih yang syarat pengalaman. Sebelum menukangi Vietnam, pelatih 63 tahun tersebut pernah menjabat sebagai caretaker pelatih Timnas Korsel (2000), 

Kemudian dia menjadi pelatih Gyeongnam FC, Jeonnam Dragons, Gimcheon Sangmu, dan Changwon Citizen. Ilmunya dalam dunia kepelathian juga diakui oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Tak segan, Shin Tae-yong pernah menyebut Park Hang-seo sebagai gurunya. Hal itu ia ucap saat baru-baru menjadi pelatih Merah Putih.

“Saya menganggap Park Hang-seo sebagai guru. Jika ia di Vietnam dipanggil ‘bapak’, saya di Indonesia ingin dianggap sebagai kakak oleh para pemain. Saya ingin memperlihatkan kepada mereka jika saya juga memahami sepakbola,” ucapnya.

“Saya akan mempelajari Indonesia demi tidak mengecewakan ratusan juta pendukungnya. Nantinya, saya juga akan berusaha bermain sebaik mungkin kala bertemu Vietnam dan Park Hang-seo,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya