Tak Hanya Klub, Wasit Juga Kecewa Liga 1 Ditunda

Wasit Thoriq Munir Alkatiri terpilih sebagai wasit terbaik Liga 1 2018
Sumber :
  • PT Liga Indonesia Baru (PT LIB).

VIVA – Penundaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim ini tidak hanya mengecewakan bagi para klub. Namun, wasit juga turut kecewa atas keputusan pahit tersebut. 

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Salah satu kekecewaan datang dari wasit Liga 1 Thoriq Munir Alkatiri. Thoriq mengaku kecewa dengan penundaan Liga 1 musim 2021-2022 itu. 

"Kekecewaan wasit pasti ada. Karena seluruh wasit tentu sudah bersiap untuk menjalani tugas Liga 1 musim ini," ujar Thoriq ketika dihubungi VIVA, Kamis 1 Juli 2021. 

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), operator kompetisi, memutuskan untuk menunda pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2.

Kompetisi dari jadwal semula, 9 Juli 2021 ditunda sampai akhir Juli 2021. Keputusan itu dibuat karena PSSI dan LIB tunduk atas instruksi Satgas COVID-19. 

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Thoriq menuturkan, telah menjaga kesehatan dan kebugaran untuk menyongsong kompetisi paling bergengsi di Tanah Air. 

Namun, dengan penundaan liga, wasit berlisensi elite AFC ini tidak bisa berbuat banyak dan mau tak mau harus mematuhinya. 

"Dengan ditundanya liga mau dikata apa, kita tidak bisa protes. Bagaimanapun kita harus mematuhi pemerintah karena situasi pandemi COVID-19 ini lagi tinggi kasusnya kita cuma bisa bersabar saja," ungkapnya. 

Terlebih, Thoriq menyebut, tes kebugaran untuk wasit di Liga 1 juga terpaksa diundur. Biasanya dijadwalkan sepekan sebelum kick off. 

"Kita juga belum sempat melakukan tes kebugaran untuk Liga 1. Terakhir tes kebugaran dilakukan saat menyambut Piala Menpora 2021, pada Maret lalu," tuturnya. 

"Biasanya kalau untuk Liga seminggu sebelum kick off dilakukan tes kebugaran. Karena liga diundur, tesnya juga menjadi diundur," tambah dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya