Dari Persija ke Persib, Marc Klok Hadapi Hujatan dengan Elegan

Marc Klok saat sesi latihan bersama Persib Bandung
Sumber :
  • Viva/Dede Idrus

VIVA – Kepindahan pemain naturalisasi Marc Klok ke Persib Bandung menuai kontroversi. Pemain berusia 28 tahun ini dianggap seenaknya hengkang dari Persija Jakarta lebih cepat. 

Hikmah Penundaan Liga 1 untuk Persib Bandung

Padahal, kontrak Marc Klok bersama Macan Kemayoran berakhir pada 2023. Kabarnya pemain kelahiran Belanda ini tidak sepakat dengan gaji yang diajukan manajemen Persija. 

Bukan hanya itu saja, dia mendapat hujatan dari suporter Persija di media sosial. Hal ini tak lepas dari keputusan bergabung dengan Persib yang merupakan klub rival.

Lawan Bhayangkara FC, Persib Bandung Tanpa Marc Klok

Rivalitas panas Persib dan Persija memang sudah lama terjadi, tepatnya sejak awal 2000. Tak jarang bentrokan terjadi jika kedua suporter dipertemukan. 

"Itu hidup, itu sepakbola, selalu ada rasa begitu di sepakbola, bukan di Indonesia saja tapi di dunia. Kita punya profesi dan kita harus pikir kita punya tim dan diri sendiri juga yang terbaik," kata Klok kepada wartawan. 

Mengejutkan, Marc Klok Umumkan Tinggalkan Timnas Indonesia

"Tapi kalau ada orang yang tidak suka, oke begitu. Tapi kalau ada orang yang pikir mereka suka, saya pikir untuk hal yang positif," lanjutnya. 

Klok mengaku senang dengan respon Bobotoh setelah resmi berseragam Persib. Namun, jebolan Jong Ultrecht ini sedih pertandingan di Liga 1 2021 tidak bisa disaksikan secara langsung akibat pandemi COVID-19. 

"Saya suka itu. Sekarang oke kita tidak bisa bertemu, tidak ada suporter di stadion, tidak ada ramai, tapi semoga waktu ke depan kita bisa pakai suporter lagi," kata Klok 

"Kita bisa main dan bobotoh datang di stadion. Dan mereka bisa bertemu saya dengan tim, dan itu pasti lebih enak untuk atmosfer sepakbola di Indonesia," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya