Beban Besar Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-23

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Setelah gagal menyelamatkan muka Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Shin Tae-yong dihadapkan beban berat oleh PSSI.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

Shin Tae-yong diminta mempersiapkan Timnas Indonesia U-23 yang akan tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Indonesia berstatus sebagai tuan rumah Grup G dan berada segrup dengan Australia, China, dan Brunei Darussalam.

Prediksi Piala Asia U-23: Yordania vs Timnas Indonesia

Adapun pertandingan bakal digelar pada pada 27 hingga 31 Oktober mendatang. Dengan modal tuan rumah, PSSI menargetkan Timnas Indonesia U-23 lolos ke putaran final di Uzbekistan.

Photo :
  • Instagram/@pssi
Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Jelas bukan target yang mudah untuk Shin Tae-yong. Pasalnya. Indonesia belum pernah tampil di putaran final sejak ajang ini pertama kali digelar pada 2014. 

Di edisi 2018 lalu, Indonesia yang masih ditangani Luis Milla gagal lolos ke putaran final usai kalah bersaing dengan Vietnam dan Thailand di babak kualifikasi.

“Kami menargetkan Indonesia dapat lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2022. Apalagi di babak Kualifikasi Piala AFC U-23 2022 kami menjadi tuan rumah Grup G,” kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

“Untuk itu, PSSI ingin pelatih Shin Tae-yong dapat mempersiapkan tim dengan maksimal untuk mengikuti event tersebut,” sambung Yunus.

Di Grup G, Australia dan China jelas bakal menjadi batu sandungan bagi Indonesia. Pada penyelenggaraan edisi sebelumnya, Australia menempati peringkat ketiga. 

Sedangkan China, terhenti di fase grup setelah kalah bersaing dengan Timnas Qatar dan Uzbekistan yang keluar sebagai juara.

Photo :
  • PSSI

Meski begitu, peluang Indonesia masih terbuka lebar. Kabar baiknya, Shin Tae-yong sudah punya bekal untuk mempersiapkan tim di ajang ini.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, juru taktik asal Korea Selatan itu menggunakan mayoritas pemain-pemain muda, Sebut saja mereka, Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Pratama Arhan,

“PSSI tentu mendukung penuh program latihan dari pelatih Shin Tae-yong demi torehan terbaik timnas Indonesia.” jelas Yunus Nusi..


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya