Gawat, Elkan Baggott Terancam Tak Bisa Penuhi Panggilan Shin Tae-yong

Elkan Baggott jalani debut di Timnas Indonesia U-19
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Timnas Indonesia U-23 bakal menjalani laga kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Ajang ini dijadwalkan berlangsung pada 27 hingga 31 Oktober mendatang.

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Indonesia yang tergabung di Grup G mendapatkan kesempatan sebagai tuan rumah. Mereka satu grup dengan Australia, China dan Brunei Darussalam.

Kualifikasi Piala Asia U-23 menjadi kesempatan kedua untuk pelatih Shin Tae-yong membuktikan kemampuannya.

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak

Sebelumnya, Shin Tae-yong masih gagal mengangkat harga diri Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2020 zona Asia.

Intip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Pada tiga pertandingan terakhir, Timnas Indonesia yang dipimpin Shin Tae-yong sempat memberikan harapan setelah menahan imbang Thailand 1-1.

Sayangnya, pada dua pertandingan setelah itu, Indonesia dibantai. Kalah 0-4 dari Vietnam dan ditelanjangi Uni Emirat Arab 0-5.

Meski begitu, Shin Tae-yong tampaknya sudah memiliki kerangka tim untuk U-23. Dalam rombongan skuad senior di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Indonesia tampil dengan mayoritas pemain muda.

Setidaknya ada 15 pemain yang sudah dibawa oleh Shin Tae Yong, mereka di bawah usia 23 tahun atau lahir setelah 1 Januari 1999 yang merupakan batasan untuk tampil di Piala Asia U-23 2022.

Kebanyakan pemain muda yang dipromosikan ke tim senior merupakan pilihan Shin Tae-yong. Mereka berasal dari jebolan U-19 yang batal tampil di Piala Dunia U-20 2021. 

Para pemain muda tersebut juga sempat menjalani serangkaian pemusatan latihan di Eropa, baik di Kroasia dan juga Spanyol. Kemudian menghadapi klub-klub Liga 1.

Selain itu, para pemain muda yang dibawa ke Timnas Indonesia senior bukan cuma menjadi penghangat bangku cadangan. Bahkan beberapa di antaranya menjadi pemain andalan.

Mereka seperti Asnawi Mangkualam, Egy Maulana, Pratama Arhan, Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Adi Satryo hingga Braif Fatari. Mereka sudah mencatatkan caps internasional dan pemain kepercayaan Shin Tae-yong.

Sebenarnya, Shin Tae-yong juga memanggil Elkan Baggott untuk ajang tersebut. Namun, klubnya King's Lynn Town FC tak memberikan izin karena berbagai alasan.

Nah, pada kualifikasi Piala Asia U-23 ini, Elkan terancam tak bisa datang ke Indonesia jika dipanggil Shin Tae-yong lagi.

Pasalnya, selain karena babak kualifikasi ini tidak masuk dalam kalender FIFA, pemerintah Inggris baru saja memasukkan Indonesia ke dalam daftar merah.

Photo :
  • pssi.org

Pemerintah Inggris memasukkan RI ke negara dalam daftar merah setelah kasus COVID-19 kembali mengganas. Data pada Kamis 15 Juli 2021, tercatat ada pertambahan kasus pasien positif sebanyak 56.757 orang.

Melansir Gov.UK, Inggris hanya akan mengizinkan ketibaan dari Indonesia kepada warga negaranya dan WNI yang memiliki izin bekerja dan studi di wilayah itu.

Dengan begitu, situasi ini akan semakin memberatkan Elkan Baggott ke Indonesia seandainya kembali mendapat panggilan dari Shin Tae-yong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya