Gelandang Persib Cerita Hobi dan Bisnis di Masa Pandemi

Bintang Persib, Dedi Kusnandar.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Dede Idrus

VIVA – Gelandang Persib Bandung, Dedi Kusnandar, memiliki hobi unik untuk mengusir rasa penat di masa penerapan PPKM Darurat Jawa-Bali. Pria yang akrab disapa Dado ini rajin memelihara kura-kura berbagai jenis.

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan

Kegemarannya itu, dikatakan Dado, sudah berlangsung sejak enam bulan lalu. Semua kura-kura miliknya dipelihara di kediamannya kawasan Jatinangor, Sumedang.

"Selain latihan mandiri, kegiatan saya memelihara kura-kura darat jenis Sulcata dan Pardalis. Saya punya 7 ekor kura-kura," kata Dado kepada wartawan, Kamis 15 Juli 2021.

Dihantui Degradasi, Bhayangkara FC Tolak Menyerah Lawan Persib Bandung

Pemain berusia 29 tahun ini mengaku alasan mengurus kura-kura karena mudah merawatnya. Dado juga senang karena sang anak suka dengan kehadiran binatang tersebut.

"Merawatnya tidak terlalu ribet dan kebetulan saya punya anak kecil jadi anak belajar juga bagaimana memelihara dan menyayangi binatang," ucapnya.

Persib Bandung Hadapi Bhayangkara FC dalam Kondisi Pincang

Di samping itu, Dado saat ini tengah fokus mengembangkan usaha laundry dan busana muslim miliknya. Usaha tersebut baru dirintis bersama sang istri tercinta.

"Selain itu, masih seperti biasa mengurus bisnis laundry dan buka usaha busana muslim atau hijab Kirara," tuturnya.

Namun, sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia omzet penjualan laundry mengalami penurunan meski tidak signifikan. Berbeda dengan usaha kulinernya yang terpaksa tutup sejak tahun lalu karena tidak ada pemasukan.

"Alhamdulillah kalau bisnis laundry tidak terlalu terdampak seperti cafe, memang bisnis laundry ada penurunan sekitar 20-30 persen, lumayan masih cukup stabil dibandingkan cafe," terang Dado.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya