Jeritan Hati Pemain Klub Liga 1

APPI gelar pertemuan dengan perwakilan pemain
Sumber :
  • APPI

VIVA – Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) dan perwakilan pesepakbola dari setiap klub yang tampil di Liga 1 2021 menggelar pertemuan virtual, Jumat 23 Juli 2021.

BPS Sebut Berakhirnya PPKM Berdampak Positif ke Ekonomi

Pertemuan tersebut membahas kondisi terkini dari pesepakbola di setiap klub, yakni kondisi kesehatan, keadaan diliburkan atau tidaknya dari latihan.

Selain itu, hal yang tak luput dari pembahasan adalah kondisi finansial pemain yang tentunya sangat berdampak setelah 1,5 tahun berhentinya Liga karena pandemi COVID-19. 

Bahagia Bisa Ikut Mudik Gratis

"Melihat kondisi saat ini masih di tengah ketidakpastian, APPI menginisiasi untuk mengumpulkan para pemain di setiap klub Liga 1 untuk mendengarkan kondisi dan aspirasi dari mereka. Dari sini kami akan bergerak untuk menyampaikan aspirasi para pemain," kata Presiden APPI, Firman Utina.

Dalam kesempatan ini, seluruh pemain kompak menyampaikan aspirasinya agar kompetisi sepakbola di Indonesia dapat segera berlangsung.

Jumlah Pemudik Lebaran 2023 Diproyeksi Naik, Kemenhub: Masyarakat Sudah Mampu Biayai Mudik

Mereka menyampaikan komitmennya untuk dapat patuh terhadap semua protokol kesehatan dan menyatakan bahwa hampir 100 persen dari pesepakbola di Klub-klub Liga 1 sudah menerima vaksin dengan 2 kali dosis.

Melihat hal tersebut, para pesepakbola berharap tidak ada lagi penundaan jalannya Liga 1, tentunya dengan tanpa penonton dan dengan pengawasan yang ketat dari pihak-pihak terkait, termasuk Satgas COVID-19.

Menanggapi hal itu, APPI akan menindaklanjuti mengenai aspirasi dari pesepakbola ini, baik secara gerakan solidaritas.

APPI juga akan melakukan kajian dengan pihak-pihak yang berkaitan dan berkepentingan untuk selanjutnya diteruskan kepada Pemerintah, Satgas Covid, Koordinator dan Tim Pemerintah Penanganan Covid, Federasi, Operator, dan pejabat yang berwenang lainnya.

"Kondisi profesi pemain sepakbola berbeda dengan profesi lainnya, kompetisi digelar butuh persiapan dan dijalankan dengan waktu yang relatif panjang, sehingga kondisi pelonggaran sesaat tidak terlalu berdampak bagi mereka," kata Mohamad Hardika Aji, Acting General Manager APPI.

"Jika konsep kompetisi telah mentaati aturan dan protokol kesehatan, seharusnya tidak ada kekhawatiran lagi. APPI akan menindaklanjuti hal ini ke pihak-pihak terkait yang berkepentingan dalam situasi pandemi ini.” ucapnya.

Liga 1 awalnya direncanakan bergulir pada 9 Juli 2021. Namun, kasus COVID-19 yang melonjak akhirnya membuat kompetisi ditunda hingga akhir Agustus 2021.

Penundaan hingga akhir Agustus tersebut karena adanya aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 25 Juli 2021.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya