3 Asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Mundur, Ada Apa?

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Kabar tak mengenakkan kembali datang dari Timnas Indonesia. Tiga asisten pelatih skuad Garuda, Kim Hae-woon, Lee Jae-hong, dan Kim Woo-jae resmi mengundurkan diri.

Pelatih Korea Selatan Puji Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-23 Setinggi Langit

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi. Dia mengatakan mundurnya ketiga asisten pelatih tersebut karena alasan personal dan surat pengunduran diri sudah dilayangkan kepada PSSI pada akhir pekan lalu.

Keputusan tersebut sangat disayangkan PSSI karena mereka sebelumnya dijadwalkan untuk memimpin pemusatan latihan di awal Agustus ini. Namun, jadwalnya harus berubah lantaran menyesuaikan PPKM.

Sebenarnya Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia U-23 Lawan Jepang, Bukan Korea Selatan

Mundurnya tiga asisten pelatih jelas semakin memberatkan Timnas Indonesia yang akan berjuang melakoni babak kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan. Duel itu akan digelar pada 7 September mendatang.

"Mereka mengungkapkan bahwa ada persoalan pribadi. Saya kira Shin Tae-yong yang paling tahu alasan mereka mundur. Terkait pengganti mereka, PSSI tidak akan memilih sembarangan asisten pelatih. Penggantinya harus mempunyai kemampuan sesuai standar yang diterapkan dan pengalaman tentunya," kata Yunus dikutip situs resmi PSSI.

Ganas, Shin Tae-yong Yakin Timnas Indonesia U-23 Hajar Korea Selatan

"Kami sebelumnya telah memilih Choi In-cheul sebagai pengganti Gong Oh-kyun juga berdasarkan rekomendasi pelatih Shin Tae-yong," lanjutnya.

Terkait pengganti tiga asisten yang mundur itu, Yunus sudah melaporkan ke Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan selanjutnya akan dibahas di tingkat Exco PSSI.

PSSI juga akan menanyakan langsung soal mundurnya tiga asisten pelatih itu kepada Shin Tae-yong setelah kembali ke Jakarta.

Saat ini pelatih berusia 52 tahun tersebut tersebut masih berada di negerinya karena menjalani karantina seusai terkena contact tracing covid-19 dari pemerintah Korea Selatan. Ia diperkirakan kembali ke Indonesia pada pekan ketiga Agustus ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya