Stadion JIS Homebase Timnas, Ketum Jakmania: Janjinya Kandang Persija

PSSI, PT Jakpro, dan Gubernur Anies Baswedan di Jakarta International Stadium
Sumber :

VIVA – Suporter Persija Jakarta, Jakmania bertanya-tanya terkait status Jakarta Internasional Stadium.

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Pada awalnya, Stadion yang Terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara itu, diproyeksikan sebagai kandang Macan Kemayoran.

Namun, pada Selasa 17 Agustus 2021, PSSI mengumumkan kerja sama dengan pengelola JIS PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Kerja sama itu terkait penggunaan fasilitas dari segi lapangan utama, hingga fasilitas latihan dan komersial lainnya. Atau dalam arti kata, JIS bakal jadi homebase pasukan Shin Tae-yong.

Pengumuman kerja sama itu lantas membuat pendukung Persija menjadi bingung. Mereka bertanya-tanya, jadi di mana kandang tim kesayangan mereka?

Selain Perpanjangan Kontrak, Erick Thohir Ungkap Perbincangan dengan Shin Tae-yong di Qatar

Ketua Umum Jakmania, Diky Soemarno mengatakan, dirinya tidak tahu pasti kerja sama apa yang terjalin antara PSSI dan Jakpro. Dia hanya menyayangkan, sejak awal JIS dibangun, selalu saja ada masalahnya.

Diky berharap, stadion yang nantinya berkapasitas 82 ribu tempat duduk itu segera selesai pengerjaanya. Agar, tidak terjadi lagi salah paham ke depannya.

"Kami engggak tahu pasti kerja sama apa yang terjalin antara PSSI dan Jakpro." kata Diky kepada VIVA, Rabu 18 Agustus 2021.

"Dari sebelum dibangun sampai proses pembangunan, kok ada saja masalah yang muncul. Semoga stadion ini jadi saja dulu sehingga kita bisa menilai seperti apa ke depannya,” sambungnya.

Diky pun menegaskan kembali bahwa JIS merupakan janji Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kepada masyarakat Jakarta. 

Oleh karenanya, siapa pun nanti yang akan menggunakan JIS, tetap yang menjadi prioritas utama adalah Persija.

"Sedari awal, stadion JIS dibangun dari dan untuk masyarakat Jakarta. Sudah pasti yang menjadi prioritas utama adalah Persija, karena mewakili Jakarta di liga tertinggi," ucapnya.

"Mengenai itu stadion nanti dipakai sama siapa, terserah. Yang penting prioritas utama tetap Persija. Karena janjinya begitu," tegasnya.

Pembangunan JIS, yang sebelumnya bernama Stadion BMW merupakan janji Anies Baswedan bersama Wakil Gubernur DKI terdahulu, Sandiaga Uno saat kampanye pada 2017 silam. 

Mereka berjanji mewujudkan mimpi Jakmania untuk memiliki stadion bertaraf internasional. Pengerjaan stadion ini dimulai pada Maret 2019 lalu, dan direncanakan rampung pada Desember 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya