Shin Tae-yong Sebut Ada yang Beda di TC 2 Tahap Timnas U-18, Ternyata

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Timnas Indonesia U-18 telah menuntaskan pemusatan latihan dua tahap, sesuai dengan rencana dan berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. 

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Pelatih kepala tim, Shin Tae-yong telah disuguhkan penampilan dari 72 total pemain yang dipanggilnya untuk unjuk kemampuan sepakbola mereka.

TC tahap pertama berlangsung dari tanggal 29 Agustus hingga 3 September 2021 dengan 36 pemain, kemudian berlanjut ke tahap kedua yang telah berlangsung dari tanggal 6 sampai 10 September 2021, juga dengan 36 pemain yang dipanggil.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Hari pertama di pemusatan latihan, Shin Tae-yong selalu menggelar test fisik baik tahap pertama, ataupun kedua. Kemudian di hari-hari berikutnya shin memberikan materi dan internal game, dan hari terakhir recovery.

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

Pelatih asal Korea Selatan itu menilai, ada perbedaan antara pemusatan latihan yang dia jalani dalam dua tahap itu. “Untuk pemain yang menjalani tahap pertama, itu postur tingginya lebih bagus dari pada yang sekarang," kata Shin dalam situs PSSI.

"Dan kemampuan mereka juga lebih bagus. Persamaannya adalah, mereka semua berusaha keras untuk mendapatkan tempat disini. Saya mencari yang bertalenta bagus, pekerja keras, dan dia juga memiliki jiwa dan kepribadian baik,” tegasnya.

Shin juga berpesan secara khusus kepada para pemain di tahap kedua ini. Pesannya adalah mengenai penguatan otot. Sebab diakuinya pemain-pemain di tahap kedua ini masih kurang.

"Untuk itu mereka harus fokus untuk menjaga nutrisi makanan mereka dan apabila tidak dapat info mengenai nutrisi, jangan malu-malu untuk bertanya kepada tim medis  timnas atau masing-masing saat di klub," ucapnya.

Terakhir, Shin mengungkapkan akan kembali menggelar pemusatan latihan minggu depan alias tc tahap ketiga. Rencananya tahap ketiga nanti akan berlangsung hari Senin, tanggal 13 September 2021, masih di tempat latihan yang sama.

“Jujur saja agak sayang, karena kemampuan pemain di tahap kedua ini masih kurang apabila dibandingkan dengan tahap pertama. Jadi saya harap bisa dapat melihat pemain lain lagi kembali di minggu depan, untuk tahap ketiga,” tutupnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya