On This Day: Comeback Gemilang Timnas Indonesia U-19 di Kroasia

Timnas Indonesia U-19 saat menghadapi Qatar
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Timnas Indonesia U-19 melakukan comeback gemilang saat melakoni laga ujicoba menghadaoi Timnas Qatar U-19 di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kroasia, setahun silam, Kamis 17 September 2020. Di laga tersebut, Timnas Indonesia U-19 sempat tertinggal sebelum akhirnya bisa memetik kemenangan.

Mantan Kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat Gabung Klub Filipina

Di pertandingan ini, Timnas U-19 langsung mengambil inisiatif penguasaan bola sejak awal. Laga baru berjalan 2 menit, Indonesia U-19 memiliki peluang emas. Sayangnya, sundulan Irfan Jauhari masih bisa diblok kiper Qatar U-19, Youssef Balideh.

Keasyikan menyerang, pertahanan Indonesia U-19 menjadi lowong dan berhasil dimaksimalkan lawan. Pada menit 12, Mohammed Al Mehairi sukses menceploskan bola ke gawang Indonesia U-19 yang dikawal Adi Satryo. Qatar U-19 unggul 1-0.

Respons PSSI Usai Dokter Gadungan Timnas Indonesia dan Klub Liga 1 Ditangkap

Akan tetapi, keunggulan Qatar U-19 tak berlangsung lama setelah Timnas Indonesia U-19 mendapatkan hadiah penalti pada menit 17. Eksekusi yang diambil Brylian Aldama sukses membuat skor menjadi 1-1.

10 menit berselang, Indonesia U-19 nyaris berbalik unggul. Namun, sepakan kaki kanan yang dilepaskan Irfan Jauhari masih bisa ditepis oleh kiper Qatar U-19. Pada menit 30, tendangan spekulasi Witan Sulaiman juga masih jauh dari sasaran.

On This Day: Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon Terbang Untuk Pertama Kalinya

Duel Timnas Indonesia U-19 vs Qatar U-19.

Photo :
  • pssi.org

Dalam waktu yang tersisa, kedua tim saling berbalas serangan. Namun, hingga peluit panjang tanda turun minum, tak ada lagi gol yang tercipta. Skor 1-1 harus diterima kedua kubu di babak pertama.

Usai jeda, Indonesia U-19 tetap tampil seperti di paruh pertama. Sedangkan, Qatar U-19 berupaya mengubah pola serangan mereka dengan lebih sering mengandalkan umpan silang demi membongkar pertahanan Indonesia U-19.

Di awal-awal babak kedua, timnas U-19 langsung mengejutkan Qatar. Sayangnya, tendangan keras Brylian Aldama pada menit ke-49 yang dilepaskan dari luar kotak penalti masih bisa ditepis kiper Qatar U-19.

Pada menit ke-50, Indonesia U-19 sebenarnya mampu membobol gawang Qatar U-19 lewat aksi Komang Teguh. Akan tetapi, gol tersebut dianulir wasit karena Komang Teguh sudah terjebak dalam posisi offside.

Di menit 69, pelatih timnas U-19, Shin Tae-yong, melakukan perubahan strategi dengan memasukkan Beckham Putra untuk menggantikan kapten David Maulana.

Pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Qatar

Photo :
  • pssi.org

Menit 75, Arhan Rifai nyaris mencetak gol indah. Namun, tembakan melambungnya dari sisi sulit hanya mengarah di atas mistar gawang Qatar U-19.

Upaya Indonesia U-19 untuk mencetak gol akhirnya terwujud pada menit ke-83 usai memanfaatkan kesalahan pemain Qatar U-19. Adalah Supriadi yang sukses menceploskan bola ke gawang Qatar U-19 setelah menerima umpan manis dari Beckham Nugraha.

Di sisa waktu yang ada, Qatar U-19 semakin agresif dalam melancarkan serangan. Situasi tersebut membuat Indonesia U-19 dipaksa bertahan total.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada lagi gol yang tercipta. Timnas U-19 sukses mempertahankan keunggulan 2-1 atas Qatar U-19.

Susunan Pemain:
Timnas Indonesia U-19:
Adi Satryo (PG); Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Komang Teguh, Arhan Rifai, David Maulana (Beckham Nugraha 69'), Brylian Aldama, Witan Sulaiman, Supriadi, Irfan Jauhari (Bahril Faresa 79'), Braif Fatari (Saddam Gaffar 74').
Timnas Qatar U-19: Youssef Balideh (PG); Abdalla Yousif, Mostafa Kadira, Mohammad Azadi, Balal Elsadig, Naif Alhadarhami, Diyab Taha, Ali Nasser Al Marri, Ali Surag, Mohammed Al Mehairi, Hadi Ali Tabasideh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya