PSSI Aceh Angkat Bicara soal Tudingan Sepakbola Gajah di PON XX Papua

Pertandingan Kalimantan Timur melawan Aceh
Sumber :
  • PB PON XX PAPUA 2021/Denni Christovel Pallo

VIVA –  PSSI Aceh buka suara soal tudingan adanya sepakbola gajah di laga tim sepakbola PON XX Papua yang mempertemukan Aceh vs Kalimantan Timur. PSSI Aceh menilai anggapan itu tidak berdasar.

INFOGRAFIK: Sepakbola Gajah

"Mungkin harus ditanya dulu ke yang beranggapan begitu," ujar Ketua Umum PSSI Aceh, Nazir Adam, kepada wartawan, Rabu 6 Oktober 2021.

Menurut Nazir laga versus Kaltim merupakan pertandingan sangat penting bagi Aceh. Jika sampai kalah, maka tiket lolos ke babak selanjutnya bakal pupus. Oleh karena itu, dalam laga itu anak-anak Aceh bermain semaksimal mungkin, hingga akhirnya meraih kemenangan.

Papua Didorong jadi Provinsi Olahraga, Ketum KONI Beri Pesan Ini

"Itu kan kita berjuang habis-habisan kemarin. Karena kita wajib menang kan, kalau nggak menang, kita kemarin terjepit. Terserah mau gol gimana atau apa. Jadi saya pikir tudingan itu tidak berdasar," ujar Nazir.

Sebelumnya beredar video dugaan adanya sepakbola gajah dalam pertandingan PON XX Papua. Ada gol bunuh diri yang dianggap tidak wajar dalam laga antara Kalimantan Timur vs Aceh.

Jokowi Perkirakan Pembangunan IKN Nusantara Selesai 15-20 Tahun

Berlangsung di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Jayapura pada Senin 4 Oktober 2021, pertandingan tersebut berakhir dengan skor 3-2 untuk keunggulan Aceh.

Gol kemenangan Aceh tercipta melalui bunuh diri yang dilakukan oleh pemain Kalimantan Timur, Risky Romadan. Dari tayangan yang ramai beredar, ketika itu bola datang ke arah Risky setelah adanya pantulan dari kiper.

Yang membuat heboh medis sosial dan menduga adanya sepakbola gajah adalah dampak dari hasil ini. Sulawesi Utara yang awalnya punya peluang lolos, akhirnya harus tersingkir.

Sedangkan yang menjadi wakil ke grup ke babak selanjutnya adalah Aceh dan Kalimantan Timur. Padahal, jika saja hasil ini imbang, adalah Kalimantan Timur dan Sulawesi Utara yang lolos.

Setelah video ini viral di media sosial, dugaan adanya sepakbola gajah sedang diselidiki. Semua pihak diminta untuk sabar terlebih dulu sampai kebenarannya diketahui.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya