Timnas Indonesia Menang Tipis Atas Taiwan

Pertandingan Timnas Indonesia vs Taiwan
Sumber :
  • pssi

VIVA – Timnas Indonesia memetik kemenangan dalam leg pertama play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. Bermain di Chang Arena Buriram, Thailand, Kamis 7 Oktober 2021, Skuad Garuda menang 2-1 atas Timnas Taiwan.

Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Memulai babak pertama, Taiwan mampu membuat Indonesia untuk berhati-hati dalam menyerang. Upaya mereka dalam memberi tekanan melalui sisi sayap kerap mengharuskan anak asuh Shin Tae-yong jatuh bangun menghalau.

Tapi kemudian Indonesia bisa menemukan ritme terbaiknya. Penguasaan bola menjadi lebih banyak, dan tekanan ke pertahanan Taiwan menjadi lebih intens.

Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Nathan Tjoe-a-On, Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Korea Selatan

Pada menit 19, Indonesia akhirnya bisa mencetak gol keunggulan. Ramai Rumakiek mendapatkan umpan silang dari Miftah Anwar Sani, dan melepaskan tendangan keras dengan kaki kiri.

Sayangnya, kurang dari 10 menit usai mencetak gol, Ramai Rumakiek harus ditarik keluar karena cedera. Shin Tae-ying memilih untuk memainkan Egy Maulana Vikri.

Media Korea Selatan Soroti Sepak Terjang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23

Tekanan Indonesia ke pertahanan Taiwan tidak berkurang. Tapi memang, lawan bermain bertahan, dan itu membuat Skuad Garuda sulit untuk menciptakan peluang dan mencetak gol tambahan.

Unggul 1-0 membuat Indonesia lebih nyaman bermain di babak kedua. Pratama Arhan dimasukkan untuk menggantikan Miftah Anwar Sani yang juga mengelami cedera.

Lima menit babak kedua berjalan, Kushedya Hari Yudo melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti. Di sana ada Evan Dimas yang datang dari belakang, dan berhasil meneruskannyan menjadi gol.

Indonesia bisa terus memberi tekanan ketika sudah unggul. Tapi, Taiwan begitu sabar untuk bisa menahan gempuran tersebut dengan permainan solid di lini belakang.

Justru Taiwan yang bisa memangkas ketertinggalan pada menit 90+1. Pemain mereka, Hsu Heng-Pin berdiri bebas di dalam kotak penalti Indonesia dan melepaskan tendangan keras yang sulit dihalau kiper Indonesia, Muhammad Riyandi.

Keunggulan 2-1 ini menjadi modal Indonesia untuk menatap leg kedua yang berlangsung pada 11 Oktober 2021. Namun, dalam kesempatan tersebut, Skuad Garuda akan bertindak sebagai tim tamu.

Susunan Pemain

Indonesia: Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam Bahar, Victor Igbonefo, Fachruddin Aryanto, Miftah Anwar Sani, Ricky Kambuaya (Kadek Agung 71'), Rachmat Irianto, Evan Dimas, Irfan Jaya (Yabes Roni 67'), Kushedya Hari Yudo (Syahrian Abimanyu 67'), Ramai Rumakiek (Egy Maulana Vikri 28').

Taiwan: Shih Shin-An; Hsieh Peng-Long, Chen Ting-Yang, Liang Meng-Hsin, Cheng Hao, Lin Cheng-Yi, Emilio Estevez (Yi Hsu 82'), Li Mao, Wu Chun-Ching, Wu Yen-Shu (Lin Chang-Lun 87'), Lee Hsiang-Wei (Hsu Heng-Pin 87').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya