Update Kondisi 3 Pemain Timnas Indonesia yang Cedera Lawan Taiwan

Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar.
Sumber :
  • https://www.pssi.org/

VIVA – Kabar baik menghampiri Timnas Indonesia jelang melawan Taiwan di leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. Tiga pemain yang sebelumnya dinyatakan cedera kemungkinan besar bisa tampil. 

Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Duel Indonesia versus Taiwan di leg pertama yang digelar pada Kamis malam WIB berjalan cukup menarik. Indonesia yang awalnya ditekan mampu bangkit dan akhirnya mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 2-1. 

Di pertengahan laga kondisi kurang baik menghampiri, ada tiga pemain yang digantikan karena alasan cedera. Mereka adalah Ramai Rumakiek, sang pencetak gol pembuka Indonesia selanjutnya, Ricky Kambuaya dan Asnawi Mangkualam Bahar

Pelatih Korea Selatan Puji Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-23 Setinggi Langit

Sehari berselang, kondisi ketiganya dikonfirmasi. Melalui situs resminya, PSSI membeberkan situasinya. 

Ramai Rumakiek mencetak gol untuk Timnas Indonesia

Photo :
  • PSSI
Sebenarnya Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia U-23 Lawan Jepang, Bukan Korea Selatan

Dokter timnas Indonesia, Ahmad Nizar menyebut ketiga pemain ini hanya mengalami cedera ringan. Bahkan Nizar menjamin mereka bisa berlaga untuk leg kedua nanti melawan Taiwan pada 11 Oktober 2021 mendatang. 

"Alhamdulillah setelah dilakukan pemeriksaan kepada tiga pemain tersebut mereka hanya cedera ringan saja. Untuk Asnawi kepalanya sudah kami jahit, Ramai Rumakiek kemarin cedera otot kakinya serta bengkak, dan Ricky mengalami kram," kata Ahmad Nizar.

"Kami berharap semua pemain dalam kondisi fit dan bugar pada laga leg kedua nanti. Pemain harus tetap fokus dan kerja keras pada laga leg kedua nanti," kata Shin Tae-yong.

Untuk diketahui duel leg kedua nanti, Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke babak selanjutnya.

Jalannya pertandingan Indonesia versus Taiwan

Taiwan awalnya mampu membuat skuad asuhan Shin Tae-yong keteteran dengan menghadirkan ancaman melalui sisi sayap. Tapi perlahan Evan Dimas cs bisa bangkit dan menemukan ritme permainan. Menit ke-19, Indonesia mampu unggul lewat aksi Ramai Rumakiek usai mendapat umpan dan Miftah Sani. 

Dia melepaskan sepakan kaki kirinya usai melewati dua pemain lawan. Kiper yang menghalau tak mampu mengantisipasi sepakan mendatar pemain Persipura tersebut. Indonesia mampu memperlebar jarak di lima menit babak kedua berjalan. Kini sang gelandang, Evan Dimas yang menjadi aktor utamanya. 

Diawali Kushedya Hari Yudo melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti. Di sana ada Evan Dimas yang datang dari belakang, dan berhasil meneruskannyan menjadi gol.

Indonesia akhirnya harus rela kebobolan di menit akhir laga. Pemain Taiwan  Hsu Heng-Pin berdiri bebas di dalam kotak penalti Indonesia dan melepaskan tendangan keras yang sulit dihalau kiper Indonesia, Muhammad Riyandi. Duel berakhir dengan skor 2-1 untuk skuad Shin tae Yong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya