Calon Lawan Indonesia Selanjutnya, dari Malaysia Hingga Uzbekistan

Timnas Indonesia lawan Taiwan di leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Timnas Indonesia menyegel tiket ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 usai menghancurkan Taiwan di leg kedua dengan skor 3-0 pada Senin malam WIB 11 Oktober 2021. Dengan begitu Evan Dimas cs menang dengan agregat 5-1, akumulasi dari leg pertama menang 2-1. 

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

Lalu bagaimana perjuangan Indonesia selanjutnya? Dan siapa lawan mereka nanti?

Indonesia sendiri menjadi tim ke-23 yang melenggang ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, menyisahkan 1 wakil lagi untuk menggenapkan 24 yang diperebutkan oleh Kamboja dan Guam. 

Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini

Di babak ketiga, nantinya masing-masing tim dibagi menjadi enam grup yang berisikan 4 tim. Pembagian itu berdasarkan pot masing-masing, dimana pot ditentukan dari ranking FIFA. 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • VIVA/Zulfikar Husein
Timnas Indonesia U-23 Tak Gentar dengan Rekor Mengerikan Korea Selatan

Indonesia ada di pot 4 bersama Mongolia, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka, (pemenang Kamboja vs Guam). Di pot ketiga ada Afghanistan, Yaman, Hongkong, Malaysia, Singapura dan Maladewa. 

Pot dua diisi, Thailand, Filipina, Tajikistan, Turkmenistan, Myanmar dan Kuwait. Dan di pot satu diisi Bahrain, Uzbekistan, Kirgistan, Yordania, Palestina dan India. 

Lalu, Indonesia akan di grup yang berisi tim dari negara yang ada di masing-masing plot. 

Contohnya, skuad Merah Putih bertemu Bahrain (pot 1), Filipina (pot 2) dan Malaysia (pot 3). 

Lebih lanjut, babak ketiga Piala Asia 2023 nantinya digelar tahun depan tepatnya 1 Februari hingga 27 September 2021 dengan format home away. Lalu juara grup (6 tim) dan 5 runner up terbaik lolos ke putaran final Piala Asia 2023 di China.

Jalannya pertandingan leg kedua Indonesia versus Taiwan

Timnas Indonesia memastikan langkah menuju babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Laskar Merah Putih lolos setelah menyingkirkan Taiwan dalam babak playoff dengan agregat 5-1.

Timnas Indonesia lawan Taiwan di leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023

Photo :
  • pssi.org

Pada leg pertama Indonesia sudah unggul 2-1 atas Taiwan. Dan di pertemuan kedua, tim asuhan Shin Tae Young kembali membekuk sang lawan, tiga gol tanpa balas.

Bermain di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin 11 Oktober 2021, Indonesia awalnya mendapat perlawanan yang cukup sengit dari Taiwan.

Permainan Evan Dimas cs cukup efektif membongkar pertahanan lawan di sepanjang laga. Meski Taiwan menerapkan permainan disiplin, tapi kecepatan Indonesia tak bisa diantisipasi. 

Keran gol Indonesia dibuka dari gol dari Egy Maulana Vikri menit ke-27. Dia melepaskan umpan ke muka gawang. Bola sempat menyentuh ujung kepala Dedik Setiawan lalu masuk mulus ke gawang Taiwan.

Keunggulan 1-0 membuat Indonesia percaya diri. Evan Dimas cs bermain lebih tenang, walau Taiwan semakin memberikan tekanan. Indonesia memperlebar jarak di babak kedua tepatnya menit ke-55 melalui Ricky Kambuaya. Tak cukup sampai disitu, di masa injury time Indonesia makin membuat Taiwan menderita usai Witan Sulaeman mencetak gol ketiga untuk Indonesia. 

Dengan hasil ini, Indonesia melenggang ke babak Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan kemenangan agregat 5-1. Di leg pertama sebelumnya Indonesia menang 2-1.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya