Ketum PSSI Akui Kehebatan Shin Tae-yong Racik Timnas Indonesia

Mochamad Iriawan dan Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengakui performa Timnas Indonesia meningkat di bawah kendali pelatih kepala Shin Tae-yong.

Klasemen Grup A Piala Asia U-23 dan Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Perempat Final

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menyebut skuad Merah Putih kini sudah mulai padu, memiliki kondisi fisik yang bagus sehingga bisa tampil spartan sepanjang 90 menit pertandingan.

Buktinya, Timnas Indonesia bisa dua kali melibas Taiwan di play off kualifikasi Piala Asia 2023. Di pertemuan pertama pada 7 Oktober 2021 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Indonesia menang 2-1. 

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Hancurkan Australia di Piala Asia U-23

Kemudian di leg kedua, Indonesia tampil ganas dengan melibas Taiwan tiga gol tanpa balas. Indonesia pun lolos ke fase kualifikasi dengan agregat 5-1.

Pujian Shin Tae-yong untuk Australia Meski Dipecundangi Timnas Indonesia U-23

‘’Saya lihat pemain sudah kompak. Fisik pemain juga terlihat untuk bermain 2x45 menit tanpa kendur sedikitpun," kata Iwan Bule dalam rilis PSSI.

“Itu kemajuan luar biasa soal fisik. Memang Shin Tae-yong menggenjot fisik dengan keras. Hasilnya Anda bisa lihat. Pemain bisa tampil spartan," sambungnya.

Harus Diikuti Timnas Indonesia U-23

Oleh karena itu, Iwan Bule berharap performa Timnas Indonesia dapat diikuti oleh pemain Timnas U-23 yang sedang melakukan persiapan jelang Kualifikasi Piala Asia 2022 di Tajikistan 27 Oktober hingga 2 November 2021.

‘’Setelah timnas wanita lolos ke putaran final di India tahun depan dan timnas senior lolos ke kualifikasi Piala Asia 2023, kini saatnya timnas U-23 untuk berprestasi," ucap Iwan Bule.

"Saya yakin saat ini dengan gabungan pemain yang berlaga di Thailand dan tambahan yang berangkat dari Jakarta, akan menambah kekuatan tim," imbuhnya.

Di kualifikasi AFC U-23 2022, Indonesia berada di Grup G Bersama Australia dan Tiongkok, dan Brunei Darussalam. Namun, Tiongkok dan Brunei memutuskan mundur. Kini hanya tersisa Indonesia dan Australia.

Iwan Bule berpesan agar pemain yang mengikuti pemusatan latihan dan bertanding di ajang tersebut untuk menunjukkan performa terbaik.

Apalagi ajang ini sangat penting bagi Indonesia demi asa lolos ke Piala AFC U-23 2022 yang rencananya akan digelar di Uzbekistan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya